Bartender Pekerjaan Yang Banyak Digeluti Para Anak Muda

0
154
bartender
FOTO : ISTIMEWA

BeritaKawasan.com – Bartender adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang termasuk dalam F&B. Profesi yang banyak digeluti atau didominasi oleh para orang muda. Jakarta Bartender Club (JBC) sebagai Penyelenggara event Charity Cocktail Competition yang diselenggarakan Senin, 15 Mei 2017 lalu di Jakarta. Bukan hanya mengedepankan kelihaian dalam meracik minuman untuk para tamu, tetapi juga dituntut harus bisa menampilkan sisi entertainment yang mumpuni juga.

Dalam event Charity Cocktail Competition tersebut para peserta diwajibkan memenuhi syarat 6 kategory yang akan jadi acuan penilaian bagi dewan juri. Kategori yang dimaksud adalah :

  1. Creativity Adalah penilaian yang diambil dari sisi kreatifitas seorang bartender dalam meramu warna dan aroma minuman yang akan ditawarkan kepada para tamu, tanpa mengabaikan konsep-konsep dasarnya.
  2. Cocktail Paduan campuran minuman tidak terlepas dari rasa yang akan dihasilkan.
  3. Technique Penilaian yang didasari pada cara atau metode pembuatan dan racikan dalam minuman.
  4. Hygiene & Sanitation Kebersihan dalam alat-alat minuman serta saat penyajian juga menjadi satu nilai penting bagi seorang bartender profesional.
  5. Showmanship Penilaian terhadap penampilan dari sang bartender, yang meliputi grooming, knowledge, dan confidence.
  6. Presentation Terakhir adalah penilaian terhadap presentasi minuman yang diharapkan menjadi daya tarik bagi tamu.

Acara tersebut bertujuan memberikan pengalaman berkompetisi bagi para bartender muda dan pemula dalam menunjukan kapasitas dan kemampuannya sebelum terjun kedunia bartender profesional. Mendapat animo positif dari para bartender muda, event ini diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai bar dan outlet minuman se-Jakarta. Hanya sayangnya pada saat event berlangsung, seorang peserta batal hadir dikarenakan ada urusan keluarga. Sehingga tersisa 39 orang peserta yang mengikuti kompetisi yang juga dihadiri oleh para insan F&B dan Bartender seluruh Jakarta.

“Ini merupakan program awal dari kepengurusan Jakarta Bartender Club (JBC) yang baru dengan tujuan kedepannya JBC memiliki member yang akan terdata lebih baik lagi. Selain event kompetisi uanjuk kebolehan para bartender, juga sebagai kegiatan amal untuk penggalangan dana bagi seorang anggota JBC yang anaknya menderita Leukimia (kanker darah),” demikian penjelasan Wawan Kurniawan selaku Ketua Umum JBC dan Ketua Panitia Charity Cocktail Competition.

LEAVE A REPLY