Begini 6 Cara Agar Lipstik Tidak Mudah Pudar

Lipstik dapat mengubah penampilan seseorang dalam waktu singkat. Warna yang merona di bibir dapat dengan ampuh mengubah wajah pucat menjadi lebih bersinar. Namun terkadang sulit mempertahankan warna lipstik di bibir. Padahal, lipstik yang tahan lama dan tak mudah pudar adalah impian tiap wanita.

Nah, bagaimana cara memakai lipstik yang benar agar warna lipstik tahan lama di bibir? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar lipstick tak cepat pudar di bibir, seperti berikut ini:

  1. Bersihkan bibir

Lipstik akan melekat pada permukaan bibir yang bersih dan sehat. Jadi, pastikan tidak ada kulit kering atau kulit terkelupas pada bibir sebelum memakai lipstik. Kalau kulit bibir Anda mudah kering, hindari menarik kulit yang terkelupas dengan jari. Secara rutin, oleskan madu atau campuran gula dengan minyak zaitun pada bibir yang kering.

  1. Gunakan lip balm

Pakailah lip balm atau pelembab bibir sebagai dasar lipstik Anda. Biarkan sekitar 2-3 menit agar lip balm menempel sempurna sebelum mengoleskan lipstik.

  1. Pakai bedak atau foundation

Selain lip balm, Anda bisa menggunakan bedak tabur atau alas bedak (foundation) agar warna lipstik tahan lama di bibir. Foundation juga akan membuat warna asli lipstik lebih terlihat, terutama jika bibir Anda berwarna gelap. Gunakan spons lembut untuk mengoleskan bedak pada bibir sebelum memakai lipstik.

  1. Hindari lipstik glossy

Kemudian Anda harus jeli dalam memilih jenis lipstik karena apabila salah dalam memilih jenis lipstik maka tentunya akan mempengaruhi ketahanan warna lipstik. Sebagai saran, sebaiknya pilihlah jenis lipstik matte karena warnanya lebih tahan lama dibibir. Selain itu, lipstik matte tidak berbekas sehingga Anda tidak perlu khawatir karena bekas lipstik tidak akan tinggal di gelas ketika minum ataupun baju Anda. Satu lagi, lipstik matte ini warnanya lebih tahan lama dibanding jenis lipstik lainnya seperti satin atau glossy.

  1. Serap minyak dengan tisu

Agar pigmen lipstik tetap awet di bibir, setelah mengoleskan lipstik, tempelkan kertas atau tisu di antara kedua bibir untuk menyerap kandungan minyak berlebih pada lipstik.

  1. Gunakan bedak tabur

Selain berfungsi sebagai foundation agar wajah tampak tidak berminyak, bedak juga dapat membantu membuat warna lipstik tahan lebih lama. Pertama, ambil selembar tissue dan pisahkan layer tissue satu sama lain. Kedua, letakan 1 layer tissue pada bibir. Ketiga, dengan kuas yang sudah dibubuhi bedak, sapukan kuas ke atas bibir yang dilapisi tissue.

Cara-cara ini baik digunakan bagi siapa saja. Formula dari bedak yang mampu menyerap minyak berlebih dari lipstik membuat warna yang anda aplikasikan dapat bertahan lebih lama.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY