Lihat Tata Surya di Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM)

0
619

Di Indonesia, planetarium Taman Ismail Marzuki adalah planetarium tertua yang pertama kali dibangun. Tempat wisata ini terletak di Jalan Cikini Raya 73, Menteng, Jakarta Pusat. Masih satu kawasan dengan bioskop TIM, planetarium juga mempunyai daya tarik tersendiri.

Di planetarium Taman Ismail Marzuki kita bisa melihat gambar planet-planet dan objek-objek yang berada di dalam tata surya kita, Galaxy Bima Sakti. Ada pula alat-alat peraga dan perlengkapan lainnya seperti teropong dan sebagainya. Namun yang paling menarik adalah teater bintang, di mana kita bisa melihat bintang-bintang yang bergerak di dalam sebuah ruangan yang mirip bioskop.

Tiket masuk ke planetarium Taman Ismail Marzuki (teater bintang) adalah 7 ribu rupiah untuk dewasa dan 3500 rupiah untuk anak-anak. Planetarium buka setiap hari kecuali hari Senin. Dan untuk umum, dibuka pukul 16.30-17.30 (Selasa-Jumat) dan 10.00-15.30 (Sabtu-Minggu). Sedangkan untung rombongan dari hari Selasa-Jumat pukul 09.30-14.30.

Karena planetarium Taman Ismail Marzuki ini unik dan tiketnya pun murah, di akhir pekan pun sangat ramai dikunjungi. Tempat ini juga membuka peneropongan umum yang dimulai pukul 18.30-19.30 (hari/tanggal tertentu). Di malam peneropongan umum, kita bisa melihat bulan, Jupiter dan Venus dengan menggunakan teleskop.

Baca juga artikel kami :

  1. Gathering Bersama Keluarga di Pantai Ancol
  2. Mengenal TNI Kita dengan Berwisata ke Museum Satria Mandala
  3. Melihat Jakarta dari Tingginya Monas

LEAVE A REPLY