Bugar Saat Cuaca Tak Menentu

0
167
Bugar

BeritaKawasan.com – Akhir tahun hingga menjelang bulan baru ditahun baru hujan yang terus menerus turun merupakan rutinitas yang akan kita hadapi. Pergantian musim yang ekstrim memaksa tubuh beradaptasi dengan suhu dan kelembaban udara yang berbeda daripada sebelumnya menyebabkan kita jadi rentan terserang penyakit. Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan anak-anak dan tak jarang orang dewasa pun juga banyak yang sakit karena hal tersebut.

Tidak hanya di Indonesia, hampir di seluruh dunia mengalami cuaca tak menentu. Banyak orang mulai jatuh sakit. Maka siapkan Anda dalam manghadapi cuaca yang ekstrem ini.

Penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti diantarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah. Bayangkan saja, tubuh didera panas terik dalam satu hari yang sama bisa turun hujan deras. Menurut Dr. Peter Staats dari John Hopkins, tubuh beradaptasi ekstra menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem. Berikut beberapa tips dalam menjaga daya tahan tubuh saat kondisi seperti ini.

Cukup Istirahat

Setidaknya kurangi kebiasaan begadang hingga larut malam. Biarkan tubuh Anda beristirahat.

Konsumsi makanan bergizi

Jangan sembarangan jajan di pinggir jalan. Usahakan menyantap makanan dari tempat yang bersih dan sehat. Seimbangkan kebutuhan nutrisi antara karbohidrat, protein dan serat.

Olahraga

Bila Anda kurang gemar berolahraga, mulailah dengan melakukan latihan gerak ringan di rumah atau di kantor. Tidak sempat olah raga? Jalan kaki saja.

Jaga cairan tubuh

Jangan lupa minu untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Jangan tunggu sampai dehidrasi karena kelupaan minu saat bekerja. Dan perbanyak minum air putih sebanyak 2 liter air sehari.

Jaga kebersihan tubuh

Sehabis bepergian sebaiknya Anda mencuci tangan dan kaki. Karena banyak sekali kuman yang menempel.

Jaga kebersihan lingkungan

Bukan hanya tubuh, tapi kebersihan lingkungan tempat tinggal dan kantor perlu mendapat pehatian khusus juga. Jangan biarkan sampah menumpuk ataupun pakaian kotor bertebarab dimana-mana.

Hindari penderita penyakit

Beberapa penyakit pancaroba mudah menular. Sebisa mungkin hindari kontak dengan teman atau kerabat yang sedang terkena penyakit pancaroba seperti diare, flu dan tiphus. Ruangan tertutup memudahkan penularan penyakit.

Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun.

Pakaian tebal

Setelah semua dilakukan, saat angin kencang atau hujan deras kenakan pakaian tebal atau jaket untuk menjaga tubuh tetap hangat.

 

Juga Artikel ini :

  1. Hidup Aktif Dengan Bantuan Personal Trainer Semakin Terjangkau
  2. Membangkitkan Gairah Olahraga Lari Dengan Teknologi Digital
  3. VITABIOTICS memperluas pasar Di Indonesia

LEAVE A REPLY