Cagar Budaya Candi Prambanan Yogyakarta

0
294
candi prambanan

BeritaKawasan.com – Candi Roro Jonggrang, atau yang sering disebut dengan Candi Prambanan adalah sebuah tempat wisata sejarah yang terletak di Bokoharjo, Kecamatan Sleman Yogyakarta. Kira-kira 15 km dari pusat kota Yogyakarta.

Kisah yang beredar di masyarakat, Candi Prambanan menceritakan tentang Bandung Bondowoso yang jatuh cinta dengan Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang memberi syarat kepadanya untuk dibuatkan 1000 arca dalam semalam. Tapi saat pembuatan arca ke-999, warga desa membuat seolah-olah hari sudah pagi. Merasa dibohongi, Bandung Bondowoso akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke-1000.

Candi ini mempunyai tinggi 47 meter, lebih tinggi dari pada Candi Borobudur. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama yaitu Candi Siwa, Brahma dan Wisnu. Candi-candi tersebut menghadap ke arah timur dan melambangkan Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Selain itu banyak juga candi-candi lain yang merupakan candi pendamping yang menghadap ke arah barat.

Di tengah-tengah candi terdapat taman yang bisa digunakan untuk bersantai para pengunjung. Yang menarik, di belakang candi terdapat kawanan rusa yang pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang berkunjung. Ada juga museum Candi Prambanan untuk wisatawan yang ingin mengenal sejarah dari candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini.

Tiket masuk ke dalam Candi Prambanan sangat murah, hanya 20 ribu rupiah saja untuk orang dewasa, sedangkan 9 ribu rupiah untuk anak-anak. Jam buka candi mulai pukul 8 sampai pukul 5 sore saja. Namun jangan lewatkan untuk melihat sunset dari sela-sela candi karena pemandangan senja di Candi Prambanan sangatlah indah.

Baca juga artikel wisata di bawah ini :

  1. Wisata ke Gunung Merapi Yogyakarta
  2. Pura Uluwatu, Sensasi Panorama dari Atas Tebing
  3. Museum Geologi Bandung, Sumber Daya Mineral Kita

LEAVE A REPLY