4 Cara Manfaatkan Madu Untuk Kecantikan dan Keindahan Kulit

Selain untuk kesehatan, madu merupakan salah satu zat yang kaya akan manfaat untuk kebugaran tubuh. Bahkan bukan itu saja, madu ternyata juga berkhasiat dalam menjaga kecantikan kulit dan tubuh kita.

Bahkan khasiat madu untuk dikonsumsi dan diaplikasikan ke tubuh, juga telah disetujui dan dinyatakan oleh seorang ahli madu dari Universitas Illinois, Nicki J. Engeseth.

“khasiat madu berkaitan dengan kandungan karbohidrat dan gulanya yang tinggi, yakni fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9%, tepung sari, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan antibiotika/ sehingga sangat baik untuk tubuh dan kecantikan,” ujarnya, seperti dilansir dari MedicinesNaturally.

Nah jika Anda juga ingin menggunakan madu untuk kecantikan, yuk coba empat tips di bawah ini:

  1. Mencegah penuaan

Untuk menghilangkan noda dan bintik-bintik hitam (hiperpigmentasi), membuat kulit segar, halus, serta mencegah keriput, coba konsumsi madu. Caranya, Ambil 4 sendok makan madu, 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti membuat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari setiap hari.

  1. Jerawat

Untuk membersihkan wajah dan menyembuhkan jerawat sampai ke akarnya, buatlah masker madu. Pertama, oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur, lalu basuh keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, selama 2 minggu.

Kedua, campurkan 100 gram madu, 25 ml alkohol, dan 25 ml air bersih dan aplikasikan seperti masker ke permukaan wajah.

  1. Rambut rontok dan kebotakan

Untuk mengurangi kerontokan rambut dan kebotakan, coba campur minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan di kepala sebelum mandi, dan diamkan selama kira-kira 10 – 15 menit lalu basuh dan bersihkan.

  1. Infeksi kulit

Jika Anda mengalami infeksi kulit, madu dapat merangsang tumbuhnya jaringan baru, sehingga mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, aksi anti-inflamasinya juga dapat mengurangi nyeri dan bekas luka pada kulit.

Caranya, ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang terasa nyeri. Madu yang bersifat antiseptik ringan, dengan kandungan asam amino bebas, dan antimikrobial yang ada dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab infeksi.

LEAVE A REPLY