4 Cara Membuat Pengharum Alami, Murah dan Aman!

Saat bau tak sedap muncul di rumah, tentunya hal ini dapat berpengaruh kepada mood kita. Karena ruang dengan bau tak sedap akan membuat kita merasa tidak nyaman, sehingga mungkin seringkali kita langsung menyemprotkan spray pengharum ruangan agar bau tersebut hilang.

Meskipun cara tersebut mudah dan praktis, tapi sebenarnya spray pengharum ruangan tersebut bisa menggangu pernafasan, tidak ramah lingkungan, bahkan bisa bikin kita boros.

Nah, daripada membeli dan menggunakan spray tersebut, lebih baik coba buat pengharum alami sendiri. Di samping bisa berhemat, bahan-bahannya pun mudah Anda temukan dalam rumah Anda.

Apa saja dan bagaimana caranya? Simak tekniknya berikut ini:

  1. Spray Sitrus

Untuk menciptakan aroma yang segar, Anda bisa manfaatkan jeruk jenis apapun. Pertama, siapkan 1 lemon, 1 jeruk nipis, 1 jeruk (citrus), alkohol (takarannya disesuaikan sendiri), air, botol spray/ parfum kosong, dan wadah bertutup.

Cara membuatnya:

  • Iris lemon, jeruk nipis, jeruk secara melintang (jangan terlalu tebal).
  • Tuangkan cukup alkohol dalam jar atau wadah yang bertutup dengan semua jeruk, tutup rapat dan biarkan setidaknya semalam. Tips: semakin lama kamu merendamnya, maka semakin kuat aromanya.
  • Saring irisan jeruk dan tuangkan air endapan ke dalam botol parfum. Tips: kamu bisa menambahkan larutan alkohol lagi setengah dan larutan air setengah. Tapi, jika kamu ingin non-alkohol, tak perlu menambahkan alkohol lagi ke botol, cukup air saja.
  1. Lilin wangi alami

Lilin ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya, pilihlah bunga-bunga tertentu dengan wangi yang Anda sukai dan tempatkan potongan-potongan kecilnya di dalam wadah. Kedua, lelehkan lilin dan tuangkan ke dalam wadah potongan bunga tersebut, hingga tiap potongan benar-benar terbungkus lilin. Terakhir, bekukan di dalam lemari es. Anda bisa tempatkan lilin-lilin ini di sudut rumah sebagai penghias ruangan. Namum selain bunga, Anda pun menggunakan biji kopi yang tak kalah wanginya.

  1. Aroma hangat dan manis

Untuk memberikan aroma yang hangat dan mandi dalam ruangan, Anda bisa menggunakan menggnakan bahan-abahan alami untuk membuat pewangi tersebut. Caranya, keringkan jeruk, cengkih, dan kayu manis hingga kaku. Kemudian, tempatkan di dalam mangkuk kayu dan tambahkan sedikit minyak rempah.

  1. Bunga hias

Selain bisa mempecantik ruangan, salah satu cara yang paling praktis adalah dengan memajang beberapa bunga hias yang memang memiliki wewangian khas. Contohnya adalah bunga lavender, rosemary, dan daun salam. Caranya, cona padu-padankan ketiganya dan tempatkan dalam vas cantik.

LEAVE A REPLY