Cara Mendidik Anak Remaja ‘Zaman Now’

0
151
kursus-belajar-komputer
One Stop Learning Center

BeritaKawasan.com – Kebutuhan anak remaja adalah memiliki kedekatan dengan orang lain, seperti teman sekolah, memiliki sahabat, dan hidup tetangga. Nah, agar anak tidak tergelincir dan melakukan penyimpangan, tentu saja diperlukan pengawasan yang ketat agar mereka tidak terbawa arus pergaulan dan pengaruh yang negatif. Bentuk pengawasan orangtua bisa dengan mengetahui siapa kawan-kawannya, apa kegiatannya, dan apa yang anak baca dan lihat. Pastikan anak berteman dengan teman dan lingkungan yang baik.

Anak remaja akan lebih menghargai kepercayaan yang diberikan. Jadi, biarkan mereka memilih hobi atau kegiatan yang mereka sukai selagi kegiatan tersebut positif. Tapi, mendidik anak dengan memberikan kepercayaan harus diikuti dengan menanamkan tanggung jawab. Saat masih kanak-kanak, anak cenderung mengikuti yang orang tua arahkan. Namun, saat memasuki usia remaja, ada beberapa hal yang akan ia bantah, tidak lagi peduli apa yang kita perintahkan dan apa yang dilarang. Dalam menghadapi ini, kita harus hati-hati dan serius menghadapinya.

Ketika hendak melarang atau memerintahkan sesuatu, pahami terlebih dahulu kondisi atau suasana hatinya. Jika ia tidak siap, ciptakanlah kondisi tertentu yang menumbuhkan kemampuan menerima dalam dirinya. Anak remaja memiliki kapasitas untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan yang dimilikinya secara efisien. Hargailah hal yang menjadi minat atau hobi dan pemikirannya. Ajaklah ia untuk bercerita tentang hal yang menjadi minat dan pikirannya. Saat ia sedang memberikan pendapatnya, jangan memotong pembicaraan. Anak-anak cenderung meniru cara komunikasi orang tua dalam keluarga.

Orangtua menjadi suri teladan dalam menyampaikan sesuatu, menyelesaikan suatu masalah, dan hal lainnya. Contoh yang paling sederhana, yaitu orangtua akan kesulitan mendidik anak untuk tidak bicara dengan nada keras jika orang tuanya sendiri sering bicara dengan nada yang keras.

Dalam keluarga, pendidikan agama kali pertama mulai diterapkan. Oleh karena itu, mendidik anak dengan memberikan pengetahuan agama merupakan hal yang sangat penting. Dengan memberikan pendidikan agama, kita bukan hanya menjadikan anak pintar dan terampil, melainkan juga memiliki akhlak, sopan, jujur, serta memiliki rasa empati dan simpati.

belajar-komputer-jakarta
Foto By : karyamurni.wordpress.com

Adanya hubungan dekat akan membuat anak merasa senang dan betah tinggal di rumah. Jika mengalami suatu masalah atau kesulitan, anak akan meminta pendapat kepada kita sebagai orang tuanya. Ada banyak cara yang bisa membangun hubungan dekat antara orang tua dan anak remaja. Contohnya, kita sebagai orang tua secara aktif mendengarkan hal yang diceritakan oleh anak. Selainkan itu, kita juga harus menempatkan diri bukan hanya sebagai orangtua, tapi Anda juga sebagai sahabat. Sesibuk apa pun, kita harus meluangkan waktu mengobrol dan diskusi bersama anak, khususnya anak remaja Anda.

Daya kreatifitas, inovasi, dan rasa percayadiri sebisa mungkin dikembangkan sejak remaja agar pengetahuan yang mereka miliki dapat diaplikasikan secara inovatif dan kreatif dalam kehidupan Zaman Now ini. Salahsatu bilmbel asyik Zaman Now ini yaitu Living Water Talent Academy (LWTA).

living-water-talent-academy
Bimbel Kesukaan Anak

LWTA adalah suatu lembaga pendidikan non-formal Zaman Now yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan talenta anak dan remaja khususnya umur 3-15 tahun. Seperti yang telah kita ketahui bersama, terkadang di dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan akademis saja tidak cukup untuk mensupport anak-anak kita dalam mencapai kesuksesan di dalam kehidupan. Dibutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan akademis agar anak-anak kita dapat menonjol secara unggul di dalam era persaingan global Zaman Now ini.

LEAVE A REPLY