Cara Mengatasi Demam dan Kenali Penyebabnya

0
155
cara mengatasi demam dan kenali penyebabnya

BeritaKawasan.com – Demam adalah sebuah kondisi dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 37 derajat celcius. Badan akan terasa hangat dan kita akan merasa menggigil. Mengalami demam membuat kita menjadi susah untuk beraktivitas seperti biasanya. Sebenarnya demam akan sembuh sendiri selama beberapa waktu. Namun kita juga bisa melakukan kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam.

Sebelum itu, kita harus kenali juga beberapa penyebab sehingga kita bisa mengalami demam. Demam itu sendiri lebih sering menjangkiti anak-anak dengan berbagai alasan seperti berikut ini.

  1. Pertumbuhan gigi susu dan geraham bungsu
    Demam adalah pertanda akan tumbuhnya gigi susu pada anak-anak. Kita tidak perlu melakukan perlakuan khusus (memberi obat) terhadap demam yang satu ini karena memang tidak ada yang perlu ditakuti.
    Berbeda dengan tumbuhnya gigi geraham bungsu. Rasa sakit yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami pertumbuhan geraham bungsu bisa mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Demam pada fase ini bisa terjadi karena pertumbuhan gigi geraham bungsu yang keluar jalur sehingga terjadi infeksi.
  2. Demam setelah imunisasi
    Demam adalah efek samping dari imunisasi. Demam pada fase ini bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Selain itu juga disertai dengan pembengkakan pada bekas suntikan imunisasi.
  3. Efek samping obat-obatan
    Biasanya kita akan mengalami demam saat mengkonsumsi antibiotik terlalu sering sehingga tubuh tidak bisa menerima dosis yang sama sehingga menimbulkan demam.
  4. Terkena penyakit flu dan penyakit lainnya
    Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan demam antara lain adalah flu, inflamasi, cacar, kanker, dan herpes.
  5. Terkena infeksi
  6. Kelelahan

Mengatasi demam haruslah dengan kiat-kiat yang benar dan tepat sehingga demam itu tidak bertambah parah dan semakin lama untuk disembuhkan. Namun jika demam itu bertahan hingga beberapa hari, lebih baik dilakukan pengecekan ke dokter agar kita tahu secara pasti apa penyebab dari demam tersebut. Kiat-kiat yang bisa kita lakukan bila seseorang mengalami demam adalah :

  1. Konsumsi minuman hangat
    Dengan mengkonsumsi minuman hangat, tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat sehingga suhu tubuh akan menjadi turun. Kita bisa membuat teh panas atau susu jahe untuk menghangatkan badan.
  2. Konsumsi makanan berkuah yang pedas
    Biasanya saat demam napsu makan kita akan menjadi hilang. Makanan berkuah dan pedas akan membuat napsu makan kita kembali dan juga bisa membuat badan menjadi hangat.
  3. Konsumsi air putih dengan cukup
    Konsumsi air putih saat demam dapat membantu tubuh untuk membuang kelebihan suhu dengan urin. Jadi pastikan kita tidak mengalami dehidrasi pada saat mengalami demam.
  4. Mengkompres dengan air hangat
    Dengan mengkompres badan dengan air hangat, tubuh tidak akan merasa menggigil daripada mengkompres dengan air dingin. Selain itu mengkompres dengan air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah dan membuang kelebihan suhu di tubuh.

LEAVE A REPLY