Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami

0
267
cara menghilangkan ketombe dengan alami

Beritakawasan.com – Memiliki ketombe adalah masalah dari beberapa orang di dunia, khususnya Indonesia yang memiliki iklim tropis. Ketombe adalah sel-sel kulit kepala yang mati dan menjadi penyebab munculnya gatal-gatal. Karena rasa gatal itulah yang membuat orang-orang ingin menghilangkan ketombe.

Memiliki ketombe bukanlah sesuatu yang berbahaya. Namun memiliki ketombe merupakan indikasi bahwa rambut kita sedang tidak sehat. Jika menggaruk kepala, ketombe akan jatuh dari kulit kepala dan berwujud seperti kotoran berwarna putih yang akan membuat kita menjadi tidak percaya diri menggunakan pakaian gelap seperti pakaian dengan warna hitam.

Beberapa hal ini merupakan penyebab dari masalah ketombe yang dialami orang-orang.

  1. Kulit kepala yang berminyak dan lembab
    Berada di daerah beriklim tropis membuat masyarakat Indonesia sangat rentan dengan masalah ketombe. Rambut yang sering terkena polusi dan terpapar sinar matahari membuat kulit kepala menjadi tidak sehat.
  2. Menggunakan kosmetik rambut yang tidak cocok
    Beberapa orang yang salah memilih produk untuk rambut akan membuatnya terkena masalah ketombe. Contohnya adalah ketika salah memilih sampo.
  3. Sisa busa sampo
    Sisa busa sampo yang tidak dibersihkan dengan benar akan menumpuk di kulit kepala dan bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe.

Pada dasarnya ketombe muncul akibat kulit kepala kering, adanya jamur dan penumpukan sel kulit mati di kepala. Di pasaran banyak tersedia macam-macam produk sampo yang bisa menghilangkan ketombe. Namun tidak semua sampo cocok di kulit kepala kita. Bukannya hilang, ketombe justru makin banyak.

Namun jangan khawatir karena kita bisa menggunakan cara-cara alami yang bisa menghilangkan ketombe seperti berikut ini.

  1. Masker rambut dengan bahan alami
    Beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe adalah minyak zaitun, air jeruk lemon, tomat, baking soda, dan lainnya.
  2. Rutin mencuci rambut
    Dengan mencuci rambut, kulit kepala akan bebas dari kotoran dan keringat. Namun jangan lupa mencuci rambut sampai benar-benar bersih.
  3. Membatasi penggunaan hairspray dan hairdryer
    Sebenarnya boleh saya menggunakan hairspray ataupun hairdryer. Namun perhatikan area kulit kepala jangan sampai terpapar langsung agar tidak membuat ketombe makin berlimpah.
  4. Menggunakan topi/ payung saat berada di luar ruangan untuk mengurangi terpaparnya kulit kepala dari polusi dan sinar matahari yang bisa membuat ketombe menjadi lebih banyak.

 

Baca juga artikel kecantikan lainnya :

  1. Mengecilkan Perut Buncit dengan Ubah Gaya Hidup
  2. Hal-hal yang Mencegah Penuaan Dini
  3. Cara Membuat Rambut Tebal dan Sehat

LEAVE A REPLY