Cara Menyembuhkan Flu Dengan Tepat

0
135
cara menyembuhkan flu dengan tepat

Beritakawasan.com – Pada musim pancaroba seperti ini, penyakit flu mudah datang dan pergi. Walau terkadang kita sudah berusaha untuk selalu menjaga kesehatan, penyakit ini terlalu mudah untuk menular. Banyak orang yang mengeluhkan pusing, meriang, batuk dan pilek, namun tidak segera membeli obat karena berfikir bahwa imun tubuh pasti akan menyembuhkan flu.

Sebenarnya memang benar bahwa imun tubuh pasti akan menyembuhkan flu yang sedang kita derita. Namun ada baiknya kita menghindari penyakit tersebut dan berusaha menyembuhkannya. Berikut ini adalah beberapa contoh hal yang dapat menimbulkan penyakit flu.

  1. Polusi udara
  2. Konsumsi es
  3. Perubahan musim
  4. Kelelahan
  5. Tidak mencuci tangan dengan benar

Penyembuhan penyakit flu setiap orang berbeda-beda tergantung dengan imunitas tubuh yang dimiliki. Ada yang satu hari saja bisa sembuh. Namun ada juga yang harus menunggu selama hampir sebulan untuk menyembuhkannya. Selain imunitas, kita juga harus membantu tubuh kita untuk segera cepat menyembuhkan flu dengan beberapa hal berikut ini.

  1. Makan banyak dan bergizi
    Dengan makan makanan yang bergizi, tubuh pun menjadi tidak kehilangan energi untuk melakukan aktivitas-aktivitas seperti biasa. Jika tubuh bergerak, maka tubuh pun akan mengalami penyembuhan yang lebih cepat.
  2. Istirahat yang cukup
    Bukan hanya terkena penyakit flu, jika kita sakit, dianjurkan untuk melakukan istirahat. Bahkan beberapa penyakit mengharuskan penderitanya melakukan istirahat total. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan memiliki waktu untuk melakukan penyembuhan dari dalam.
  3. Konsumsi minuman hangat
    Mengkonsumsi minuman hangat pada saat terserang penyakit flu bisa meredakan sakit tenggorokan dan melegakan pernafasan juga.
  4. Menguapkan pernapasan
    Jika hidung kita mampet, bisa dicoba dengan menguapkan pernapasan. Caranya ada menaruh air panas di mangkok dan menghirup uapnya melalui hidung. Namun jika ingin lebih efektif, maka disekitar kepala diberikan penutup sehingga uap air hangat tidak kemana-mana.
  5. Konsumsi makanan pedas
    Konsumsi makanan pedas juga berfungsi untuk mencairkan lendir yang ada di dalam tenggorokan.
  6. Menghirup bahan-bahan yang mengandung aroma yang dapat membuat sembuh hidung tersumbat
    Sama seperti melakukan penguapan. Menghirup bahan-bahan seperti yang sudah disebutkan di atas bisa membuat seseorang yang terkena flu bisa bernapas dengan bahagia tanpa takut mampet lagi.

LEAVE A REPLY