Era Digital, Ini yang Harus Disiapkan Pengusaha

0
164

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengajak para pengusaha siap menghadapi era digital yang saat ini semakin berkembang.

“Penggunaan digital di kantor atau masyarakat umum mau tidak mau harus dilakukan,” kata Ketua Umum APJII Jamalul Izza di sela kegiatan CEO Sharing yang mengangkat tema “Transforming Your Organization In Digital Era” di Hotel Crowne Plaza Semarang, seperti dilansir Antara, Selasa (29/11/2016).

Pada kegiatan yang diikuti puluhan penyelenggara jasa internet tersebut, pihaknya memaparkan perkembangan internet di Indonesia.

“Salah satu yang kami sampaikan adalah penetrasi internet di Pulau Jawa sampai saat ini sudah mencapai 65 persen,” katanya.

Dari sisi gender, jumlah pengguna internet terbesar yaitu pria dengan komposisi sebesar 52 persen, sedangkan sisanya adalah wanita.

“Pada dasarnya, melalui kegiatan ini kami ingin menyampaikan bahwa mau tidak mau kita semua harus bergerak dari analog ke digital, transformasi ini sangat diperlukan,” katanya.

Secara statistik, ia mengatakan pertumbuhan pengguna internet secara signifikan terlihat sejak akhir tahun 2014. Data dari APJII, pertumbuhan jumlah pengguna internet dari akhir tahun 2014 hingga saat ini mencapai sekitar 50 persen.

“Penetrasi internet ini terjadi secara keseluruhan, penggunaan internet di sektor karyawan juga meningkat, tepatnya ada sekitar 132,7 juta masyarakat atau pengguna internet di Indonesia,” katanya.

Pihaknya memprediksi ke depan pertumbuhan penggunaan internet juga akan meningkat seiring dengan percepatan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

“Saat ini pemerintah punya proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring yang menghubungkan Indonesia bagian timur, tengah, dan barat. Proyek infrastruktur ini akan selesai pada tahun 2019,” katanya.

Dengan adanya proyek infrastruktur itu diprediksi pengguna internet akan meningkat menjadi 70 persen dari sekitar 50 persen pada 2016.

LEAVE A REPLY