Curug Cipendok, Wisata Air di Cilongok Jawa Tengah

0
302
curug cipendok

BeritaKawasan.com – Curug Cipendok adalah sebuah tempat wisata yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dari jantung kota Purwokerto, curug ini dapat ditempuh kira-kira dengan 1 jam perjalanan ke arah timur. Tapi tenang saja karena jalanan menuju ke lokasi curug sangat indah dan juga jalannya sudah beraspal halus.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Curug Cipendok juga bisa dijamah dengan menggunakan angkutan umum dengan jurusan Ajibarang – Curug Cipendok. Namun dihari biasa, angkutan ini kadang tidak sampai ke curug sehingga harus di carter terlebih dahulu.

Daya tarik Curug Cipendok sendiri adalah air terjunnya yang berair jernih dengan batu-batu besar di sepanjang sungai. Lokasinya sendiri berada di tengah-tengah rindangnya pepohonan dan mempunyai view pegunungan yang indah. Di beberapa pohon yang ada di kawasan Curug Cipendok juga diberi keterangan penjelas sehingga pengunjung bisa mengenal bermacam-macam jenis pepohonan.

Karena masih alami, di sekitar curug juga terdapat kawanan kera yang kerap bisa dilihat oleh pengunjung secara liar. Namun kita juga harus berhati-hati dengan makanan dan barang bawaan karena bisa saja barang-barang kita dirampas oleh mereka. Tak hanya kera, jika beruntung kita bisa melihat elang jawa yang kerap kali melintas di atas pepohonan.

Pengelola Curug Cipendok selalu mengutamakan kenyamanan pengunjung. Bisa dilihat dari peningkatan fasilitas-fasilitas yang ada seperti cottage, outbond, jogging track, jungle tracking dan bumi perkemahan. Fasilitas-fasilitas standar seperti tempat parkir, saung, toilet, musholla dan kantin juga kian terawat.

Biaya masuk ke kawasan ini pun sangat murah yaitu sekitar 10 ribu saja per orang. Yang pastinya tempat ini kian ramai dikunjungi, apalagi di musim liburan. Selain bisa bermain air, kita juga bisa menikmati ketenangan yang di tawarkan di kawasan Curug Cipendok. Jadi, tidak ada salahnya kita berkunjung ke sini kan?

 

Baca juga artikel pilihan di bawah ini :

  1. Baturraden, Suasana Puncak di Kabupaten Banyumas
  2. Snorkling di Situ Tirta Merta Purbalingga
  3. Petik Stroberi di Desa Wisata Lembah Asri Purbalingga

 

LEAVE A REPLY