festival-olahraga-rakyat-2018

‘RW. 02 Pejaten Timur Melaju ke Tingkat Kecamatan’

BeritaKawasan.com – Tahun 2018 tampaknya bisa kita anggap sebagai tahunnya olahraga. Bagaimana tidak, di tahun 2018 ini akan banyak perhelatan olahraga bergengsi yang akan berlangsung. Sebut saja gelaran MotoGP musim 2018 yang baru saja memulai sesinya di 18 Maret lalu. Dan akan menjelang dihadapan sebuah pesta besar olahraga tingkat dunia, apalagi kalau bukan Wold Cup 2018 yang akan kita saksikan di bulan Juni 2018. Lalu pada 18 Agustus 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan event olahraga bergengsi tingkan Asia yaitu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Tidak kalah dengan semua kemegahan tingkat dunia, semangat dalam memasyarakatkan olehraga dan mengolahragakan masyarakat pun dirasakan hingga ke tingkat lokal strata masyarakat di Kota Administrasi/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan hingga RT/RW. Data yang diperoleh menyebutkan, Ingub Nomor 13 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Festival Olahraga Rakyat merupakan instruksi Anies kepada 23 pimpinan SKPD terkait, baik dinas, suku dinas, biro, badan, walikota/bupati, kecamatan dan kelurahan, untuk menyelenggarakan  event tersebut mulai dari tingkat RT/RW hingga kota administrasi/kabupaten. Instruksi tersebut dikeluarkan dalam rangka mendorong kegiatan olahraga dan meningkatkan interaksi sosial dan silaturahmi antarwarga masyarakat.

Instruksi Gubernur DKI Jakarta tersebut disambut antusias oleh warga RW 02 Pejaten Timur. Dengan mengadakan Turnamen Futsal  ditingkat RW untuk memilih perwakilan dari masing-masing RT dan membentuk Squad RW 02 yang siap tempur. Di lingkungan RW 02 diikuti oleh 9 RT yang diwakili oleh anak-anak usia produktif 6 (enam) hingga 13 tahun.  Dari seleksi yang sangat ketat akhirnya terpilih perwakilan dari beberapa RT diantaranya Altaf RT. 06, Bagas RT. 06, Milan RT. 05, Raihan RT. 02, dan Gilang RT. 04.

festival-olahraga-futsal-RW.02-Pejaten-Timur

Dengan terbentuknya Team Squad dari RW 02, turnamen berlanjut ke tingkat Kelurahan yang pada turnamen tersebut diikuti oleh 11 RW yang ada di Kelurahan Pejaten Timur. Dan pada pertandingan final yang dilangsungkan di Sekolah MTS 23 Jakarta Selatan, Jumat (23/03/2018) menampilkan laga seru dari Team Futsal Anak-anak perwakilan RW. 02 melawan RW. 06 dengan skor terakhir 2 – 1 dimenangkan oleh Team dari RW. 02, yang secara otomatis pemenangnya akan mewakili Kelurahan Pejaten Timur untuk melaju terus ke tingkat Kecamatan.

Menyambut kemenangan dari warga RW. 02, Iim Ibrahim, LMK Pejaten Timur perwakilan dari RW. 02 mengatakan, “Alhamdulillah Team Squad dari RW. 02 akhirnya dapat menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan sempurna. Merupakan hal yang membanggakan bahwa anak-anak dari RW. 02 dapat mewakili Kelurahan Pejaten Timur melaju ke tingkat Kecamatan. Untuk itu kami memiliki harapan yang sangat mulia, semoga anak-anak tersebut bisa memberikan yang terbaik bagi Kelurahan Pejaten Timur.”

festival-olahraga-Jakarta

Penyerahan piala secara simbolis diberikan langsung oleh Sekretaris Kelurahan Pejaten Timur Bapak Ahmad Syarif seusai pertandingan final berlangsung di Sekolah MTS 23 Jakarta Selatan. Dan keesokan harinya, Sabtu (24/03/2018) secara simbolis pula piala tersebut kembali diserahkan oleh pihak kecamatan yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pasar Minggu, bertepatan dengan pelaksanaan Festival Bongsang (Pesta Rakyat) yang diselenggarakan di Kecamatan Pasar Minggu pada tanggal 24 dan 25 Maret 2018.

Iksan, salah seorang warga Pejaten Timur yang hadir di Festival Bongsang menambahkan, “Kemenangan ini merupakan kemenangan bersama, karena pada dasarnya kegiatan seperti ini memiliki manfaat yang sangat besar. Bukan hanya kesehatan dari berolahraga, tetapi manfaat yang lebih besarnya adalah sebagai wadah silaturahim dalam lingkup yang lebih besar, dimana seluruh warga dapat saling mengenal, tambah saudara dan yang terpenting mengeratkan rasa cinta terhadap persatuan dan kesatuan yang harus kita budayakan dari lingkungan terkecil.

“Saya berharap dengan kemenangan ini, mudah-mudahan dapat menambah semangat baru untuk anak-anak dan warga RW.02 agar tetap menjunjung tinggi semangat olahraga yang sportif dalam upaya mendukung Instruksi Gubernur DKI Jakarta, karena  Festival Olahraga Rakyat ini banyak manfaat positifnya.” pungkas Iim Ibrahim kepada BeritaKawasan.com mengakhiri wawancara.

Penulis By : @mahessadiaz-2018

LEAVE A REPLY