Hal-hal yang Mencegah Penuaan Dini

0
140
Mencegah Penuaan Dini

BeritaKawasan.com – Penuaan dini adalah salah satu ciri-ciri dari bertambahnya usia seseorang. Kita tidak bisa menghindari datangnya penuaan dini. Namun jangan berputus asa karena ada beberapa cara untuk mencegah penuaan dini. Dan harus pula digarisbawahi bahwa mencegah di sini artinya menghambat. Bukan mencegah dalam artian menghentikan sepenuhnya terjadinya penuaan dini.

Penuaan dini ada banyak macamnya seperti kulit yang menjadi keriput, terlihatnya garis-garis halus di wajah, berkurangnya elastisitas dan kekenyalan dari kulit seseorang. Di dunia ini ada beberapa perilaku-perilaku seseorang yang bisa mempercepat terjadinya penuaan dini yaitu sebagai berikut.

  1. Polusi udara
    Polusi udara dapat membuat lapisan ozon terkikis sehingga meningkatkan radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen di kulit.
  2. Alkohol
    Alkohol juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan yang buruk sehingga dapat menyebabkan kurangnya asupan nutrisi kulit.
  3. Rokok
    Sering merokok dapat menyebabkan banyak masalah kulit seperti berkurangnya elastisitas kulit wajah, rusaknya kolagen kulit, mengurangi kadar vitamin di kulit, mengurangi kelembaban kulit, dan resiko-resiko lain.
  4. Terpapar sinar matahari
    Sinar UV dapat membuat terjadinya noda hitam dan merusak kolagen kulit wajah.
  5. Kekurangan asupan nutrisi

Mempunyai wajah yang nampak kusam dan bergaris-garis halus adalah sebuah ketakutan tersendiri, apalagi untuk seorang wanita. Namun kita juga bisa memperlambat terjadinya penuaan dini seperti beberapa hal berikut ini.

  1. Berhenti merokok
    Kita tahu bahwa rokok adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Jika anda adalah perokok aktif, maka lebih baik secepatnya untuk berhenti merokok untuk kesehatan tubuh dan kulit.
  2. Cukup istirahat
    Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita menjadi segar dan metabolisme pun akan lancar. Istirahat cukup juga dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit seperti kegemukan, darah tinggi dan diabetes.
  3. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi
    Mengkonsumsi makanan berserat dan kaya akan vitamin akan membuat penncernaan menjadi lancar serta menjaga nutrisi menjadi optimal untuk diserap oleh tubuh. Selain itu memakan makanan yang mengandung anti oksidan seperti brokoli, lemon dan tomat akan mencegah penuaan dini.
  4. Mengurangi stres
    Faktor utama yang paling penting adalah pikiran. Ada sebuah penelitian jika pikiran kita selalu optimis dan positif maka akan membantu memperpanjang usia dan tentunya memperlambat penuaan dini.
  5. Olahraga teratur
    Dengan olahraga teratur maka tubuh akan menjadi sehat dan semua fungsi metabolisme akan berjalan dengan lancar.

 

Baca juga artikel kecantikan berikut ini :

  1. Membuat Rambut Tebal dan Sehat
  2. Menghilangkan Plak Gigi yang Membandel
  3. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

 

LEAVE A REPLY