Ini Negara Terbersih di Dunia yang Bikin Takjub

0
210

Beritakawasan.com-Kosta Rika, Jepang, Singapura, Swiss, Swedia dan Islandia terkenal sebagai negara-negara yang menerapkan kebijakan lingkungan serta undang-undang kebersihan yang patut diacungi jempol. Bahkan diantaranya masuk dalam daftar negara paling minim polusi di dunia.

Kosta Rika mungkin tidak termasuk sebagai negara terbersih di dunia, dan juga bukan salah satu negara terkaya di bumi. Tetapi Kosta Rika punya kebijakan lingkungan yang patut diacungi jempol.

Menurut Happy Planet Index, untuk mendanai program perlindungan hutan, pemerintah menggunakan pajak yang diperoleh dari perdagangan BBM. Di tahun 2015, negara ini tidak lagi bergantung pada minyak bumi, di mana listrik yang digunakan di negara tersebut 99 persen bahan bakarnya dari sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Sampai sekarang pemerintah tetap mendukung penelitian mengenai sumber-sumber bahan bakar non minyak. Hal itu untuk memenuhi ambisi Kosta Rika, yakni menjadi negara bebas karbon pada tahun 2021.

Kemudian, Jepang. Pada tahun 2015 lalu, photo-photo luapan air banjir di subway Jepang akibat serangan badai tropis Etau bikin netizen di seluruh dunia berdecak kagum. Saat itu sejumlah tempat di Jepang dilanda banjir, salah satunya lokasi kereta bawah tanah atau subway.

Namun uniknya, luapan air yang menggenangi stasiun bawah tanah itu sangat jernih seperti kolam renang. Itulah yang membuat netizen di seluruh dunia kagum dan banyak yang berpendapat bahwa air banjir yang bersih itu merupakan bukti atas disiplinnya warga Jepang dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sedangkan, di negara Swedia memiliki sistem pengolahan sampah yang canggih. Bahkan saking canggihnya, negara ini sampai harus impor sampah dari negara lain karena Swedia menerapkan manajamen sampah dengan konsep waste-to-energy (WTE).

Di Swedia, limbah rumah tangga diolah melalui proses pembakaran dan menghasilkan uap panas. Selanjutnya, uap panas ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan itu kemudian didistribusikan ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Seperti dilansir The Huffington Post, tidak lebih dari 1 persen limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah, sedangkan sisanya dipakai untuk memasok kebutuhan panas rumah tangga.

Negara Singapura disebut sebagai negara kota yang terlalu bersih. Dilansir Today I Found Out, saking bersihnya, toilet pun cukup bersih buat dimakan. Di Singapura, tidak menyiram toilet umum adalah pelanggaran hukum serius dan bisa dikenakan denda tinggi. Begitu pula kalau membuang sampah sembarangan.

Singapura memang punya berbagai peraturan menyangkut kebersihan yang dikenal sangat ketat. Untuk itu, pemerintah menugaskan polisi-polisi lingkungan untuk menindak langsung pelanggar hukum kebersihan di tempat.

LEAVE A REPLY