Inilah Cara Mengenalkan Huruf Yang Baik Pada Anak Balita

0
121
mengenalkan-huruf
Cara Mengenalkan Huruf Pada Anak Balita

BeritaKawasan.com – Mengenalkan huruf pada anak usia dini tidaklah mudah. Karena dunia anak sebenarnya hanya bermain. Tapi tidak ada salahnya bila mulai mengenalkan huruf sejak usia dini, misalnya 3 tahun atau 5 tahun, sudah bisa untuk mulai mengenal huruf.

Pengenalan huruf untuk anak usia dini bisa dilakukan dengan membantunya menghafal bentuk-bentuk huruf secara bertahap. biasanya anak akan mudah menghafal bentuk bila diajarkan terus secara berulang. Misalnya hari ini Anda mengenalkan huruf A, maka buat sebuah gambar yang menunjukkan bunyi A tersebut dengan gambar angsa misalnya. Setelah itu minta anak untuk menyambung titik-titik untuk membentuk huruf A. Nah setelah proses menyambung titik selesai, selalu tanyakan anak apa bunyi gambar yang sudah dibuat tadi.

Menggunakan alat bantu juga sangat mempercepat daya ingat anak untuk menghafal bunyi, meskipun anak belum bisa menulis. Alat bantu yang dapat digunakan seperti lotto misalnya. Lotto adalah sejenis kartu yang dapat Anda isi dengan angka ataupun huruf yang diinginkan. Anda dapat membuat lotto dari kertas karton ukuran 50 x 50cm yang berisi huruf. Setiap anak akan mulai belajar, anak harus bermain lotto terlebih dahulu. Caranya, Anda membalik tumpukan lotto dan meminta anak untuk menjawab apa bunyi lotto yang terbuka tersebut satu persatu. Dengan cara ini anak akan lebih mudah menyebut simbol A dengan bunyi A, simbol B dengan bunyi B, dan seterusnya.

Agar anak tidak bingung menghafal begitu banyak huruf, Anda dapat mengatur supaya anak bisa mengenal 1 huruf setiap minggunya. lamanya belajar juga hanya cukup 30 menit saja. Mengingat bahwa 30 menit tersebut adalah waktu terbaik bagi anak untuk bisa duduk diam dan belajar. Usahakan pula agar anak Anda memiliki jam belajar tetap, jadi tidak dilakukan sewaktu-waktu sesuka hati anak. Dengan hal ini Anda sudah mengajarkan anak-anak untuk bisa disiplin mengatur waktu bermainnya.

Dalam membantu anak belajar, Anda harus banyak memiliki referensi gambar yang disukai anak. Bisa saja bila gambar-gambar yang digunakan adalah tokoh idola anak Anda, misalnya seperti gambar Dora, Upin-Ipin, atau Spongebob. Kemudian dibawah gambar itu Anda bisa letakkan sebuah kotak kosong untuk diisi huruf yang sudah diajarkan. Semakin banyak huruf yang sudah dihafal berarti semakin banyak pula gambar dan kotak yang harus diisi anak Anda. Dengan Anda menggunakan gambar yang sudah dikenal, maka proses belajar anak akan dapat berjalan semakin menyenangkan. Jangan lupa puji anak Anda dengan tepuk tangan kalau dia bisa menjawab dengan benar supaya dia lebih bersemangat dan haus akan pertanyaan selanjutnya.

LEAVE A REPLY