Inilah Kegiatan di Rumah yang Bikin Anda Sehat Sampai Tua

0
129
Hidup Sehat

BeritaKawasan.com – Aktivitas seperti olahraga biasanya banyak dilakukan oleh kaum muda yang menginginkan punya bentuk tubuh yang ideal. Tapi tahukah Anda bahwa olahraga ataupun aktivitas sejenis bagi mereka yang berusia 65 tahun ke atas merupakan hal yang perlu dilakukan?

Seperti dilansir dari hgtv.com, orang dewasa yang beranjak tua berpotensi terserang penyakit NCD kronis. NCD atau Non Communicable Disease merupakan jenis penyakit tidak menular (PTM). Penyakit ini bukan disebabkan oleh infeksi sehingga tidak bisa menular atau menyebar.

Beberapa faktor penyebab penyakit ini antara lain faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, dan kelainan genetik. Jenis penyakit yang mungkin timbul antara lain penyakit jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, alzheimer, kanker, dan lain sebagainya.

Sebagai tindakan pencegahan, sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar sehingga organ-organ tubuh pun tetap berfungsi dengan baik. Dan berikut adalah beberapa kegiatan yang perlu dilakukan saat berada di rumah:

  1. Aerobik

Anda disarankan untuk melakukan aerobik selama 150 menit dalam seminggu. Atau setidaknya melakukan aerobik selama 75 menit dengan mengombinasikan aktivitas lain.

  1. Bersepeda

Kegiatan selanjutnya adalah bersepeda. Olahraga ini melatih cara kerja otot tubuh Anda. Frekuensnyai bisa 1 jam setiap hari, baik pagi atau sore hari. Selain otot bisa bekerja dengan baik, Anda juga bisa melatih beberapa organ tubuh agar lebih kuat dan berfungsi dengan baik.

  1. Bercocok tanam

Kegiatan menarik yang bisa menunjang program diet Anda adalah bercocok tanam. Siapa sangka bercocok tanam di rumah mampu membakar 722 hingga 19.000 kalori.

Dikutip dari dailymail.co.uk, kegiatan bercocok tanam di rumah akan membutuhkan banyak gerakan seperti mencangkul, menyiram, memberi pupuk, memotong, dan mengangkut tanaman. Selain bisa membuat pekarangan kian hijau, tubuh Anda juga senantiasa jadi sehat.

  1. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Terakhir, adalah mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Kegiatan ini meliputi menyapu, mengepel, membersihkan kaca, bebenah, mencuci piring, mengganti seprai, dan lain-lain.

Kendati kemampuan orang dewasa di usia lanjut sudah mulai menurun, beberapa kegiatan pekerjaan rumah tangga tersebut tentunya masih bisa dilakukan dengan takaran yang wajar.

Misalnya, bebenah atau menyapu. Sebuah penelitian mengatakan, saat Anda menyapu lantai selama 1 jam diprediksi dapat membakar 180 – 235 kalori. Bahkan jika Anda mencuci piring selama 15 menit, diperkirakan dapat membakar 35 – 50 kalori.

Jadi bisa dibayangkan bukan, ternyata masih banyak cara untuk melakukan diet dengan sangat mudah, meskipun berada di sekitar rumah.

Baca Juga Artikel ini :

  1. Bugar Saat Cuaca Tak Menentu
  2. Hidup Aktif Dengan Bantuan Personal Trainer Semakin Terjangkau
  3. VITABIOTICS memperluas pasar Di Indonesia

LEAVE A REPLY