Inilah Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah

0
173
kegiatan-ekstrakurikuler
Murid Living Water Talent Academy

BeritaKawasan.com – Dalam era modern ini dengan majunya Pengetahuan Teknologi dan komunikasi banyak siswa yang cenderung malas untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler diluar jam sekolah. Mereka cenderung memilih langsung pulang ketika kegiatan belajar mengajar berakhir, terkadang kebanyakan siswa tidak langsung pulang ada yang mampir di warnet, time zone, bahkan ada siswa yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai seperti mabuk-mabukan, drugs, dan lain-lain. Untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan terkadang beberapa sekolah mewajibkan setiap siswa-siswi nya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di luar jam sekolah guna memanfaatkan waktu yang dimiliki siswa dan menyalurakan bakat serta minatnya.

Sebagian besar sekolah – sekolah mewajibkan siswa nya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di luar jam sekolah bahkan ada beberapa sekolah dalam satu hari hanya digunakan untuk kegiatan ekstrakulikuler, namun ada sebagian sekolah yang tidak mewajibkan siswanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di luar jam sekolah. Padahal dilihat dari manfaatnya banyak sekali manfaat yang diperoleh siswa jika mereka mengikuti kegiatan ekstra diluar jam sekolah. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah

Vania, pemilik Living Water Talent Academy mengatakan, “Kegiatan Ekstrakulikuler merupakan salah kegiatan diluar jam sekolah siswa yang menjadi wadah untuk siswa dalam berkreasi atau menyalurkan bakat serta minatnya. Kegiatan Ekstrakulikuler disekolah bermacam – macam ada yang bersifat pendidikan, kedisiplinan, Olahraga, Seni dan Budaya dan masih banyak lainnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler disekolah siswa dapat mengatur waktu antara kegiatan ekstra dan kegiatan belajar, “ujar Vania.

Vania menambahkan, “Dalam hal berprestasi kebanyakan siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler diluar jam sekolah memilki pretasi yang baik dibandingkan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler diluar jam sekolah. Salah satu tujuan Negara Republik Indonesia tercantum dalam pembukaan Undang – Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status social, ras, etnis, agama dan gender. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agarmenjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawa (Undang-undang No.20, 2003), “ tutup Vania.

LEAVE A REPLY