Inilah Perilaku Burung Kakatua Raja Hitam dari Papua Yang Lucu

0
534
Burung-Kakatua-Raja-Hitam-dari-Papua
Foto by : Youtube.com

BeritaKawasan.com – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam kebudayaan dan pariwisata. Salah satunya spot yang wajib dikunjungi ketika ingin berlibur di Indonesia timur adalah Papua. Papua adalah pulau dengan sejuta flora dan fauna, salah satunya adalah burung Kakatua raja hitam. Burung Kakatua raja hitam atau Kakatua Raja merupaan hewan endemik asli Papua. Burung Kakatua raja hitam ini memiliki panjang sekitar 35.1 cm, panjang ekor 23.8 cm, panjang paruh 9.1 cm.

Burung Kakatua Raja hitam hampir semua tubuhnya berwarna hitam, dan paruh mereka tidak bisa berdekatan sama sekali, dan selalu mengungkapkan sedikit lidah mereka yang berwarna merah dengan ujung hitam, bagian mulutnya yang terbuka memudahkannya untuk menahan kacang atau biji-bijian di dalam mulut mereka dan memecahkannya pada waktu yang sama.

Jangkauan Geografis                                

Burung Kakaktua Raja hitam merupakan hewan asli pulau Papua, dan Australia. Hewan ini biasanya ditemukan di kepulauan Aru, pulau Misool di bagian barat pulau Papua, Irian Barat, Selatan New Guinea dari Timur Marauke sampai teluk Papua, dan di Australia pada kawasan utara tanjung York Peninsula.

Habitat

Burung Kakaktua Raja hitam ditemukan di hutan hujan tropis, termasuk pinggiran hutan. Mereka memilih pohon-pohon besar dan tinggi untuk bersarang dan berkembangbiak. Pada siang hari mereka berdiam di dekat makanan atau sumber air dan pada malam hari bertengger di dalam atau di dekat sarangnya.

Perilaku

Burung Kakaktua Raja hitam dapat ditemukan sendirian ataupun berpasangan, dan kadang dalam kelompok yang lebih besar. mereka menghabiskan banyak waktu mereka di kanopi hutan yang tinggi atau terbang di antara tempat bertengger dan mencari makan. Mereka sering makan dalam kelompok besar, di mana satu burung penjaga akan mengamati predator yang ada. Jika pemangsa atau ancaman lainnya muncul, para “penjaga” memberikan alarm menangis untuk memberitahukan yang lain. Dalam kondisi hujan mereka dapat ditemukan tergantung terbalik dengan sayap dan ekor mereka terulur, seolah-olah sedang mandi.

Burung-kakatua-raja-hitam
Foto by : http://floradanfaunaindonesia1.blogspot.co.id

Burung Kakatua raja hitam sangatlah menarik untuk dikunjungi. Maka dari itu, jika ingin berkunjung kesana anda wajib melihat seputar papua dan hotel-hotel disana juga di website yang khusus berkutat di kawasan pariwisata yaitu Toptier.id.

Selain itu, Papua merupakan kepulauan di Indonesia yang masih belum dijamak orang karena aksesnya yang dibilang sulit dan mahal. Tetapi Papua wajib banget masuk list perjalanan liburan kamu jika ingin melihat keindahan alam yang sangat menakjubkan.

LEAVE A REPLY