Inilah Semarak Kemeriahan Panggung Rakyat-Harmoni Nusantara RW. 02 Pejaten Timur

0
230
Panggung-Rakyat-Harmoni-Nusantara-Pejaten-Timur
Panggung-Rakyat-Harmoni-Nusantara-Pejaten-Timur

BeritaKawasan.com – Para pemuda kreatif dan inovatif yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan Karang Taruna RW. 02 Pejaten sukses menggelar Panggung Rakyat pada Sabtu (16/9) malam. Acara yang yang mengambil tema “Harmoni Nusantara” ini merupakan program event tahunan warga RW 02 kelurahan Pejaten Timur.

Rangkaian acara yang dimulai sejak pagi hari pada Sabtu (16/9) oleh keceriaan anak-anak yang mengikuti Karnaval Sepeda Hias. Lebih dari 70 peserta karnaval mewarnai dan memeriahkan event yang menjadi penutup dari beberapa kegiatan yang berlangsung sebagai ungkapan kebahagiaan masyarakat memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Dilanjutkan dengan bazaar pasar malam yang menghadirkan komunitas pedagang yang sebagian besar juga diisi oleh booth dari warga RW 02 diacara tersebut. Panggung Rakyat ini digelar dengan mengadopsi konsep “Pesta Raktyat“ dengan tujuan dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi dari masyarakat dan apresiasi seni dilingkungan RW 02. Momen tersebut juga dimanfaatkan sebagai wadah berkumpul, bersilaturahim dan menuangkan kreatifitas dari para pemuda warga RW 02.

Panggung Rakyat yang diselenggarakan oleh Pemuda Karang Taruna RW 02 ini dihadiri oleh para Pengurus RT, Pengurus RW.02, Staff Kelurahan, Ibu PKK, LMK, dan Warga RW 02 dan sekitarnya.

Nova Suhendi, Ketua Pelaksana acara mengatakan, “Maksud dan tujuan acara Panggung Rakyat ini untuk menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap nilai kebudayaan Indonesia, serta  mempererat hubungan antar masyarakat di RW. 02 Pejaten Timur”, tutur Nova.

karang-taruna-pejaten-timur

Nova menambahkan, “Harapan kedepannya acara seperti ini dapat menjadikan salah satu wadah untuk mewujudkan keinginan kreatifitas warga, dan juga dapat dikenal luas oleh masyarakat dalam tingkat Kelurahan maupun Kecamatan”, tambah Nova.

Theater-O2

Yang menarik dari Panggung Rakyat-Harmoni Nusantara adalah kreativitas dari para pemuda yang tergabung dalam kelompok Theater O2 yang merupakan bagian dari divisi Pendidikan, Seni dan Budaya karang Taruna RW 02 menampilkan bakat dan potensi mereka dalam seni peran. Sebuah pertunjukan Drama Musikal yang sarat akan pesan moral memberikan warna baru dalam perhelatan Panggung Rakyat tersebut. Kemampuan acting yang sangat baik, penjiwaan dalam mendalami setiap karakter, dan disempurnakan dengan dramatisasi music dan efek pencahayaan yang spektakuler menjadikan penampilan dari kelompok Theater O2 sebagai puncak pertunjukan yang mendapatkan apresiasi positif dari banyak pihak.

Muhammad Toyib Siregar. SE (Bag Kasi Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Pejaten Timur) memberikan testimony, “Bakat terpendam dari seluruh pemuda karang taruna seperti pertunjukan Drama Musikal ini sudah selayaknya diangkat ke permukaan, hal tersebut ditujukan untuk pembinaan dan penyaluran dari setiap karya pemuda karang taruna untuk hal-hal yang bersifat positif dan membanggakan”, kata Muhammad Toyib Siregar. SE.

Hasbullah, Sekretaris RW02 Pejaten Timur menambahkan, “Semoga kedepannya seluruh pemuda karang taruna baik di tingkat RT maupun tingkat RW bisa berkarya lebih baik lagi dan lebih bervariasi, semoga kegiatan ini menjadi pengikat tali silaturahim antara seluruh warga RW 02”, tambah Sekretaris RW.02 Pejaten Timur.

Selain pertunjukan Drama Musikal dari kelompok Theater O2, Panggung Rakyat ini dimeriahkan pula oleh beberapa penampilan kesenian lain diantaranya pertunjukan seni music Islami dari kelompok Hadroh An-Nafi’, Modern Dance, dan penampilan dari Band O.B.T (Orkes Belum Tau) yang seluruh personilnya adalah pemuda RW 02.

Panggung Rakrat-Harmoni Nusantara menunjukkan kepada kita semua bahwa seni budaya yang beraneka ragam baik itu seni peran, seni tari, maupun seni musik merupakan media yang sangat efektif dalam menyampaikan beragam pesan moral yang tinggi sebagai sarana penunjang edukasi dan informasi yang akan membentengi generasi muda untuk membentangi diri dari dampak negative arus globalisasi yang semakin berkembang, Salam Budaya.

BeritaKawasan.com

LEAVE A REPLY