Ibadah Puasa Salahsatu Cara Kita Mendidik Anak Mengenal Tuhan YME
Foto By : www.Manfaat.id

BeritaKawasan.com – Tahukah Anda bahwa rasa lemas saat puasa, disebabkan karena menurunnya gula darah secara berlebihan. Bila gula darah turun terlalu rendah, kita akan merasa lemas, letih, lesu bahkan sampai merasa pusing di kepala.

Puasa menurut Islam lebih universal, dan bukan hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum, namun juga menahan diri dari semua hal yang dilarang oleh Allah, seperti contoh bertahan dari godaan maksiat dan menjauhi perbuatan keji, juga menjauhi perbuatan yang tidak terpuji lahir dan batin.

Bulan Puasa Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dari Allah. Isi puasa Ramadhan Anda dengan pertaubatan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat, banyak berdoa dan berzikir juga bersedekah kepada fakir miskin, dan aktif dalam kegiatan keagamaan.

Puasa di bulan Ramadhan, merupakan bulan untuk perenungan dan intropeksi mengenai perilaku diri, dan sekaligus mengakui kelebihan dari orang lain. Oleh karena sedang berpuasa, maka mulut akan terjaga dari kata-kata kotor, caci maki, mengumbar aib orang dan berusaha untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.

Umat Islam diwajibkan menjalani puasa (Q.S.Al-Baqarah:183) dengan penuh kesadaran dan ketulusan. Syarat paling penting dalam berpuasa adalah Niat. Tanpa niat semua hal yang kita lakukan takkan berarti. Maka dari itu, niat selain diucapkan dengan kata-kata, kita harus berniat dalam lubuk hati yang paling dalam.

Sementara, puasa sendiri merupakan suatu proses menjadi orang yang lebih bertakwa kepada Allah. Maka dari itu, tidaklah benar bila kesempatan berpuasa sekali dalam setahun harus lewat begitu saja, karena kesempatan di bulan ini sangat baik untuk memperkaya diri dengan mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Tapi terkadang saat kita berpuasa, kita mengalami masalah yang terkadang membuat ibadah terganggu, yakni lemas saat berpuasa. Akibat lemas, banyak orang lebih mengurangi aktifitas fisik, jadi mungkin saja yang tadinya ingin mencari pahala dengan bekerja, tapi urung dilakukan karena lemas saat berpuasa.

Berikut adalah Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Tetap Fit Seharian :

  • Batasi garam
    Batasi mengonsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh Anda cepat lapar dan dehidrasi.
  • Konsumsi Banyak Buah-Buahan
    Seperti yang sudah diulas di atas, penyebab utama dari rasa lemas saat berpuasa adalah turunnya gula darah dalam tubuh. Untuk menyiasati turunnya gula darah secara berlebihan ini, disarankan agar kita mengonsumsi glukosa yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga.
  • Supaya sumber energi tetap ada, pilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kentang rebus, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang tinggi serat agar glukosa dapat naik perlahan.
  • Konsumsi makanan berserat tinggi
    Saat sahur, libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga Anda tidak akan mudah lapar.
  • Konsumsi makanan berprotein
    Mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, ayam, telur, dan tahu juga sangat penting, karena membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh Anda cepat lemas dan lesu.

LEAVE A REPLY