Kawah Putih, Tempat Wisata Nan Romantis

0
143
kawah putih

BeritaKawasan.com – Salah satu icon wisata di daerah Bandung Jawa Barat adalah wisata Kawah Putih. Tempat ini terletak di kawasan Ciwidey Jawa Barat, kira-kira 50 km atau 2-3 jam perjalanan dari kota Bandung. Kawah Putih itu sendiri merupakan sebuah danau yang terbentuk karena letusan gunung Patuha. Warna pasirnya yang putih dan airnya yang putih kehijauan membuat pemandangan di sini sangat menawan.

Untuk menuju ke tempat ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika naik kendaraan umum, kita bisa menggunakan bus dari terminal Leuwi Panjang ke terminal Ciwidey. Setelah itu naik angkot jurusan Situ Patenggang dan langsung bisa turun di gerbang Kawah Putih. Sebaiknya jam 9 pagi kita sudah sampai di lokasi karena jika terlalu siang kabut mulai turun dan sering terjadi hujan lebat.

Lokasi Kawah Putih terletak di pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2400 mdpl. Karena itu, suhu di lokasi sangat dingin yaitu kisaran 22-6 derajat celcius. Bagi pengunjung diharapkan untuk menggunakan pakaian hangat dan masker, karena cuaca dingin dan bau belerang yang menyengat. Pengelola pun menganjurkan kita hanya 1 jam saja berada di lokasi karena dikhawatirkan akan keracunan bau belerang.

Beberapa fasilitas yang diberikan di Kawah Putih adalah tempat parkir, musholla, pusat informasi, kantin dan toilet. Untuk tempat parkir itu sendiri ada yang di sebelah atas ataupun bawah. Kalau ingin yang murah, kita dianjurkan untuk memarkirkan kendaraan di parkiran sebelah bawah. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan khusus dengan biaya 15 ribu untuk satu orangnya.

Biaya tiket masuk ke Kawah Putih sebesar 15 ribu rupiah per orang. Cukup murah kan? Dan karena suasananya indah dan romantis, kawasan ini sering sekali digunakan untuk sesi pemotretan prewedding. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perizinan adalah 500 ribu rupiah. Tempat ini jangan lupa kamu kunjungi jika berlibur di Bandung ya guys!

 

Baca juga artikel wisata di bawah ini :

  1. Tanah Lot dan Keindahan Sunsetnya
  2. Curug Cipendok, Wisata Air di Cilongok Jawa Tengah
  3. Baturraden, Suasana Puncak di Kabupaten Banyumas

LEAVE A REPLY