Khasiat Air Putih Untuk Tubuh dan Kesehatan

0
210
khasiat air putih untuk tubuh dan kesehatan

Beritakawasan.com – Air putih sangatlah penting bagi tubuh. Jika tubuh kita mengalami dehidrasi, maka kesehatan tubuh pun terganggu. Walaupun hanya segelas air putih, khasiat air putih untuk tubuh sangatlah banyak. Air putih bersifat wajib untuk dikonsumsi semua orang setiap hari.

Setiap orang pasti pernah minum air putih. Namun pada kondisi tertentu, kekurangan air putih juga akan menimbulkan masalah seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Kerja ginjal akan semakin berat
    Karena kurangnya zat pelarut, maka ginjal akan lebih sulit untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh.
  2. Sistem pencernaan buruk
    Kekurangan cairan juga bisa membuat sembelit dan diare.
  3. Kurangnya konsentrasi
    Kekurangan cairan di dalam otak juga dapat mengganggu konsentrasi kita.
  4. Kelelahan
    Orang akan lebih sering menderita kelelahan jika dia tidak cukup konsumsi air putih yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.
  5. Kulit kering dan kusam
    Dengan sedikit mengkonsumsi air putih, maka kulit akan hilang kelembabannya sehingga menimbulkan kulit kering dan kusam.

Setiap orang dianjurkan minum 8 gelas/ 2 liter air putih per hari. Namun sebaiknya takaran meminum air putih disesuaikan oleh tubuh kita agar tidak terlalu berlebih/ kekurangan air putih. Di bawah ini dijelaskan khasiat air putih untuk tubuh dan kesehatan.

  1. Mengeluarkan racun
    Racun dari dalam tubuh dikeluarkan melalui air kencing dan keringat. Jika kekurangan air, maka tubuh kita juga akan sedikit mengeluarkan air kencing dan keringat sehingga akan membuat sedikit racun yang terbuang.
  2. Sebagai penurun berat badan
    Meminum air putih sebelum makan akan membantu seseorang menjadi merasa kenyang sehingga mengontrol napsu makan dan akhirnya tubuh hanya mengkonsumsi sedikit kalori.
  3. Mencerahkan dan menghaluskan kulit
    Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, kulit akan selalu terjaga kelembabannya dan menjadikan kulit bercahaya dan bebas dari kusam.
  4. Menyediakan elektrolit bagi tubuh
    Tubuh kita hampir lebih dari setengahnya terdiri dari air. Dengan sering mengkonsumsi air putih maka akan membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan tubuh
    Konsumsi air putih yang cukup juga bisa menjaga fungsi ginjal dan mencegah penuaan dini. Selain itu juga bisa meningkatkan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

 

Baca juga tips cantik di bawah ini

LEAVE A REPLY