Manfaat Belajar Yoga Untuk Anak Autis

0
46
Tips-Mengajar-Anak-Autis
ISTIMEWA

BeritaKawasan.com – Autis merupakan kumpulan kelainan yang beragam dari segi penyebab dan manifestasi klinisnya, dengan diagnosis berdasarkan manifestasi perilaku yang kompleks (gangguan bersosialisasi, gangguan berkomunikasi, serta perilaku yang terbatas berulang dan stereotipe). Untuk mendiagnosis autisme tidaklah mudah karena tidak ada pemeriksaan penunjang seperti darah untuk membantu diagnosis autisme. Diagnosis autisme sendiri dibuat berdasarkan observasi terhadap perilaku dan tumbuh kembang anak.

Autis sendiri kadang dapat dideteksi sejak anak berumur 18 bulan atau bahkan lebih awal. Akan tetapi, baru setelah usia 2 tahun diagnosis autisme, berdasarkan pengamatan oleh ahli, dapat ditegakkan secara lebih pasti. Sayangnya, banyak anak – anak baru terdiagnosis menderita autisme ketika sudah berusia lebih dewasa. Keterlambatan ini berarti anak tersebut terlambat mendapat penanganan yang tentunya berdampak terhadap kehidupannya selanjutnya.

Pendekatan–pendekatan yang dilakukan merupakan suatu upaya untuk mengurangi disabilitas dari pasien dengan autis. Para ahli sepakat bahwa semakin awal intervensi dilakukan, semakin baik keluaran yang didapatkan. Terutama anak yang memiliki gejala autis harus diajarkan gerakan-gerakan yoga.

Foto : ISTIMEWA
Foto : ISTIMEWA
kelas-yoga-LWTA
Foto : ISTIMEWA

Vania Natalie, pemilik Living Water Talent Academy (LWTA) mengatakan, “Belajar yoga lebih awal dan mengembangkan praktik adalah kebiasaan yang bagus untuk anak Balita. Ini membuat anak-anak bergerak dan terlibat dalam aktivitas fisik yang menyenangkan, dan ini juga membantu anak-anak merasa lebih fokus, tenang dan kurang stres. Dengan mempraktikkan gerakan yoga, anak balita bisa belajar cara berolahraga, mengembangkan rasa percaya diri, dan berkonsentrasi lebih baik. Yoga mempromosikan kekuatan fisik karena anak-anak belajar menggunakan semua otot mereka dengan cara baru. Apakah sebuah pose dilakukan berdiri, duduk, atau berbaring, masing-masing dapat menantang berbagai kelompok otot sambil membantu seorang anak menjadi sadar akan tubuhnya dan bagaimana fungsinya secara efisien,” ujar Vania.

living-water-talent-academy
One Stop Learning Center

LWTA adalah wujud dari rasa cinta seorang Ibu terhadap anak-anaknya. Berawal dari praktisi Yoga, saya menemukan sisi lain dari Yoga. Rangkaian gerakan Yoga yang dikira hanya sebagai ‘exercise‘ ternyata mampu memberikan ‘insight‘ bagi saya terutama dalam menjalankan peranannya sebagai seorang istri dan Ibu dari 2 anak agar dapat menjalani kehidupan lebih baik dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, tambah Vania.

Setelah menjalankan yoga untuk Anak secara intensif selama  tahun, Anda bisa melihat kemajuan neurodevelopmental yang diluar dugaan. Vania menjadikan LWTA sebagai program edukasi yoga untuk anak dengan kebutuhan khusus.

Nah, untuk para orangtua yang berada dikawasan Sunter, Pluit dan sekitarnya daftarkan segera buah hati Anda di LWTA untuk perkembangannya fisik dan mentalnya kelak. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi LWTA di nomor telepon 082228228022 atau klik www.livingwatertalentacademy.co.id. Advertorial

LEAVE A REPLY