Manfaat Menggambar Kartun Manga Ala LWTA

0
101
kartun-manga-lwta
Menggambar Kartun Manga

BeritaKawasan.com – Menggambar Kartun Manga bertujuan untuk Belajar menggambar dengan teknik dan gaya Manga Jepang dan Korea. Mempelajari bagaimana agar gambar itu bercerita, penuh warna, dan dengan komposisi yang indah. Anak yang belajar menggambar kartun manga memiliki kemampuan menggambar yang baik dan melatih kemampuan motorik anak, dengan usia minimal 5 tahun.

Menggambar merupakan salah satu sarana efektif untuk menyampaikan informasi (visual). Kini makin banyak hasil dari seni rupa atau visual itu menjadi bagian yang mengisi kehidupan keseharian kita di zaman modern. Produk-produk yang kita gunakan setiap hari merupakan hasil dari perancangan (desain) dari segi teknis mekanis maupun dari segi estetis.

Dibilangan Sunter – Jakarta Utara terdapat lembaga pendidikan non formal dengan nama Living Water Talent Academy (LWTA).

Vania Natalie, pemilik LWTA mengatakan, “LWTA memberikan layanan kursus menggambar kartun manga sebagai upaya untuk menciptakan sarana belajar menggambar dan melukis, dimana manfaat dari menggambar kartun manga itu akan dirasakan langsung seperti kemampuan (skill) teknis maupun soft skill. Hasil karya seni rupa khususnya menggambar memang menjadi kepuasan tersendiri bagi kreator. Selain hasil, proses menggambar itu sendiri juga memberikan manfaat dan nilai tambah para penggemarnya, “tutur Vania.

belajar-mewarnai-gambar
Menggambar

 

komik-manga-lwta
Class Manga – LWTA

Vania menambahkan, “Program Art and Drawing di LWTA mempunyai program khusus, yang dirangkum dalam 6 level usia dari umur 3-12 tahun. Dalam Program Art and Drawing ini, siswa tidak hanya belajar menggambar dan melukis, tetapi juga menciptakan project-project menarik yang berhubungan dengan clay, merangkai dan mewarnai sterofoam dengan tema-tema tertentu, membuat benda-benda yang bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti gantungan kunci, bando, jepit rambut, dan hiasan ruangan. Untuk kelas yang lebih besar, anak akan mempelajari cara membuat komik, manga, dan action figure dari clay. Hal ini dapat melatih syaraf motorik mereka, dan mengaplikasikan gerakan tangan dan otak secara bersamaan, tambah Vania.

tempat-ekstrakurikuler-kesukaan-anak
Bimbel Asyik Zaman Now

Berikut adalah manfaat menggambar komik manga untuk anak-anak dan dewasa, diantaranya:

  • Melatih anak dalam menemukan masalah, menemukan penyelesaian yang logis serta memberikan solusi kreatif.
  • Melatih kemampuan komunikasi dan bersosial lewat gambar dan cerita.
  • Melatih anak untuk melontarkan ide-idenya melalui gambar komik.
  • Melatih kemampuan motorik tubuh khususnya area jari dan telapak tangan
  • Menggali daya kreatifitas
  • Mengasah kecerdasan spatial/ruang
  • Kemampuan merekam gambar (memori fotografis)
  • Kepekaan & kemampuan mengolah  warna
  • Menguasi teknik menggambar dan keterampilan menggambar
  • Meningkatkan kepercayaan diri anak
kursus-menggambar
Murid Art & Drawing LWTA

Selain itu mengambar komik manga dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

Sarana Menggali Potensi Anak, Anak memiliki bakatnya masing masing. Oleh karena itu perlu digali sejak dini dimana bakatnya berada. Menggambar bisa menjadi salah satu alat untuk mendeteksi apakah anak memiliki bakat di area tersebut.

Mengembangkan Daya Imajinasi, Berbeda dengan gambar biasa, komik memiliki kesulitan yang lebih tinggi. Komik sama dengan cerita bergambar yang memiliki alur yang selalu berkembang. Disinilah imajinasi anak semakin diasah. Ini karena didalam dunia komik anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan bebas dan lebih luas, bahkan dapat menjadi inspirasi teknologi masa kini.

Penyeimbang Fungsi Kerja Otak, Kebanyakan manusia terus melatih fungsi otak kiri untuk berpikir logis dan analitis. Sedangkan fungsi otak kanan kurang dimaksimalkan. Fungsi otak kanan dapat dilatih dengan cara menggambar komik.

Melatih Konsistensi dan Disiplin, Menggambar komik bukan hanya membutuhkan bakat menggambar saja. Disiplin juga diperlukan dalam menggambar komik. Bagaimana tokoh dalam komik mengembangkan karakternya, alur dan jadwal terbit komik membutuhkan orang yang konsisten dan disiplin.

Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat, Tidak semudah itu membuat komik. Apalagi dengan tokohnya yang mungkin melebihi 10 orang. Jika konsentrasi menurun, kepribadian satu tokoh dengan tokoh lain dapat tercampur. Oleh karena itu menggambar komik juga mengasah daya ingat juga.

Belajar Menerima Masukan dan Kritik, Selama menggambar komik, tidak semua orang setuju dengan ide yang kamu utarakan dalam gambar. Oleh karena itu kamu dapat belajar menerima kritik dan saran dengan baik serta mampu mengembangkan diri lebih baik lagi.

Sumber Pendapatan, Menggambar komik bukan hanya sekedar hobi namun bisa dijadikan sumber pendapatan yang menjanjikan. Lihat saja banyaknya orang yang membaca komik di aplikasi webtoon.

Nah, Untuk orangtua daftarkan anak Anda untuk trial class belajar menggambar komik manga di LWTA, bergabunglah dengan ratusan anak lain yang sudah asyik menikmati belajar sambil bermain di LWTA. Silahkan Anda menghubungi LWTA di nomor telpon 021- 29562394 / 082228228022 atau datang langsung ke alamat di Komplek Rukan Sunter Terrace blok A 20, Sunter – Jakarta Utara. Advertorial

Sumber : Venue Jakarta

LEAVE A REPLY