Memanfaatkan Peluang Usaha di Usia Muda

0
169

bisnis-muda

Seiring dengan melesatnya waktu, kita bukan lagi anak-anak yang segala sesuatunya selalu bersandar pada orang tua. Di usia yang boleh dibilang mendekati seperempat abad ini, tentu kebutuhan hidup semakin meningkat. Dan kita tidak mungkin, terus-menerus selalu menengadahkan tangan di hadapan mereka sambil merengek-rengek, “Pa, ma, minta duitnya dong.” Di samping sudah dewasa, kita juga malu bila kita selalu meminta orang tua untuk kebutuhan pribadi.

Lagi pula, orang tua kita sudah tua, rambut sudah mulai memutih, raut wajah nampak keriput, pertanda usia senja sudah mulai menghampiri. Nah, agar tidak lagi menyusahkan mereka, mungkin mulai sekarang kita harus berusaha mencari uang sendiri di tengah kesibukan kuliah yang sedang kita jalani. Tataplah ke depan, bahwa peluang usaha sedang menunggu kita agar kita menghampirinya. Agar ia tidak pergi, mari kita hampiri, siapa tahu kita dapat keuntungan darinya.

Iya, sebenarnya peluang usaha bertebaran di sekitar kita. Namun, tak semua kita, lebih-lebih kawula muda menyadari itu. Maka, agar terlepas dari ‘jeratan menyusahkan’ orang tua, alangkah baiknya  bila kita mulai merintis usaha sendiri di usia muda. Hitung-hitung kita meringangkan beban orang tua. Mumpung masih muda, kita harus memanfaatkannya dengan hal-hal yang positif yang bisa menguntungkan. Lagi pula, tak ada salahnya kita memualai bisnis di usia muda, justru itu akan memudahkan hidup kita di usia tua kelak.

Yang terpenting, bisnis yang akan kita jalani itu tidak membuat kita malas untuk mencari ilmu. Anggaplah bisnis itu hanya sekdar selingan saja, dan kuliah adalah fokus utama kita. Artinya, jangan sampai mood belajar kita hilang hanya karena perkara bisnis. Kita harus menyelaraskan antara kuliah dan bisnis, sehingga bisa jalan beriringan. Di antara peluang usaha yang bisa kita laksanakan di tengah modal yang pas-pasan, atau sama sekali tidak punya modal, mengingat kita hanyalah seorang mahasiswa, maka jangan takut, ada kok peluang usaha yang tidak butuh modal uang, hanya butuh skills yang kita punya.

Mungkin, Anda punya passion dalam tulis-menulis. Nah, Anda bisa menawarkan jasa itu ke website, atau ke koran-koran dan majalah-majalah yang nantinya Anda akan dapat penghasilan dari keahlian  tersebut. Mudah kan? Lalu bagaimana bagi orang yang tidak suka atau tidak bisa menulis, adakah peluang usaha lain bagi mereka? Jawabannya ada dan banyak. Nah, kembali ke modal, berhubung tulisan ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak punya modal, atau punya modal namun sedikit, maka penulis akan memilih peluang usaha yang cukup dengan modal sedikit, tapi menguntungkan. Solusinya, mungkin Anda bisa berjualan pulsa. Memang, kelihatannya, penghasilan dari penjualan pulsa tidak menjajikan, tapi jangan dilihat dari kelihatannya. Yang penting asal Anda konsisten, maka keberuntungan akan selalu memihak pada diri Anda. Dan tentunya masih banyak lagi peluang usaha yang bisa Anda pilih untuk mendongkrak ekonomi Anda.

Sebagai motivasi agar Anda bersemangat untuk memanfaat peluang usaha dan merintis bisnis di usia muda, tak ada salahnya bila Anda membaca pebisnis muda yang sukses dari Indonesia sendiri. Seperti Yasa Paramita Singgih yang sukses dengan bisnis fashion-nya dan Victor Giovan Raihan yang mengembangkan bisnis di bidang minuman yang dikenal  ‘Teh Kempot’. Dan tentunya masih banyak lagi pebisnis yang sukses di usia muda di negeri ini yang layak ditiru dan diteladani sampai Anda benar-benar seperti mereka.

Akhir kata, selamat mencoba, semoga Anda menjadi pebisnis muda yang sukses. Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY