Menilik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

0
237
gunung tangkuban perahu

BeritaKawasan.com – Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah lokawisata yang berada di Lembang, tepatnya 20 km arah utara dari Kota Bandung. Gunung ini masih berstatus aktif sehingga terkadang wisata ke Tangkuban Perahu ditutup karena dikhawatirkan akan terjadi letusan. Karena itu sampai saat ini gunung ini terus dipantau agar menghindari bahaya-bahaya yang mungkin datang.

Konon diceritakan Gunung Tangkuban Perahu mengisahkan kisah cinta Sangkuriang dan Dayang Sumbi, ibunya. Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang membuat kapal dalam sehari semalam. Karena tidak berhasil, Sangkuriang pun menendang kapalnya dan terbentuklah Gunung Tangkuban Perahu.

Ketinggian gunung ini adalah 2084 meter dari permukaan air laut. Suhu di siang hari sekitar 17 derajat celcius sedangkan di malam hari bisa sampai derajat celcius. Bagi pengunjung dianjurkan untuk menggunakan pakaian tebal dan membawa masker karena bau belerang yang cukup menyengat.

Di sini ada 3 kawah utama yaitu Kawah Paguyangan Badak, Kawah Upas dan Kawah Ratu. Di sekitaran gunung terdapat pepohonan-pepohonan yang rindang dan menambah keindahan panoramanya. Selain itu juga tempat wisata ini dikenal dengan hawa sejuknya sehingga wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung ke tempat ini untuk sekedar menghilangkan penat dan rasa lelah.

Tiket masuk ke Gunung Tangkuban Perahu adalah 20 ribu rupiah untuk wisatawan lokal, sedangkan 200 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Meskipun harga tiket masuk biasanya naik selama 5 tahun sekali, objek wisata ini tetap menjadi primadona bagi wisatawan. Bisa dilihat dari ramainya tempat ini di saat musim liburan dan tanggal merah.

 

Baca juga artikel wisata di bawah ini :

  1. Berburu Sunrise di Pantai Sanur
  2. Cagar Budaya Candi Prambanan Yogyakarta
  3. Wisata ke Gunung Merapi Yogyakarta

LEAVE A REPLY