Museum Geologi Bandung, Sumber Daya Mineral Kita

0
232
museum geologi bandung

BeritaKawasan.com – Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Diponegoro No. 57 Kota Bandung Jawa Barat. Museum ini biasa digunakan untuk study tour anak sekolah, apalagi pada musim liburan. Tempat ini terletak di dekat Gedung Sate, sehingga akan sangat mudah mencari akses ke sana dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Secara umum Museum Geologi ini dibagi menjadi 2 lantai. Tiap lantainya memiliki beberapa bilik yang menampilkan sesuatu yang berbeda. Namun seperti namanya, museum ini lebih menjurus ke arah geologi, yaitu topografi daerah di Indonesia dan artefak-artefak yang ditemukan pada saat menggali tanah.

Di lantai satu ada 3 bilik yaitu bilik tengah, timur dan barat. Di bilik barat kita bisa menjumpai tentang terjadinya bumi, beragam jenis bebatuan, pergerakan tanah, pergerakan gunung berapi dan lainnya. Di bilik timur kita bisa menjumpai sejarah perkembangan makhluk hidup, penampakan fosil-fosil binatang di masa lalu, kumpulan tengkorak manusia dan artefak-artefaknya. Sedangkan di bilik tengah kita akan menemukan pusat informasi dan theater geologi.

Di lantai 2 juga dibagi menjadi 3 bilik. Di bilik barat adalah ruangan staf Museum Geologi. Bilik tengah untuk pemetaan tambang emas di Papua, menampilkan bebaruan dari Papua dan miniatur pengeboran minyak bumi. Sedangkan di bilik timur kita akan menemukan peta sumber daya mineral di Indonesia, rekaman-rekaman eksploitasi sumber daya mineral dan informasi-informasi lainnya yang bisa kita pelajari.

Beberapa fasilitas di Museum Geologi Bandung adalah auditorium untuk pemutaran film, ceramah dan seminar, ruang edukasi, toko sovenir, masjid, poliklinik yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore dan juga toilet.

Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung, kita hanya dikenai biaya sebesar 3 ribu rupiah saja. Jam buka museum adalah sejak hari Senin-Minggu (Jumat dan hari besar tutup) dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang (Sabtu & Minggu) atau jam 4 sore (Senin-Kamis). Cocok sekali untuk jalan-jalan bersama keluarga sambil mengenal kekayaan bumi Indonesia bukan?

 

Baca juga artikel wisata di bawah ini :

  1. Mutiara Carita, Penginapan Mewah di Pinggir Pantai
  2. Kawah Putih, Tempat Wisata Nan Romantis
  3. Tanah Lot dan Keindahan Sunsetnya

LEAVE A REPLY