Pembudidayaan Tegel Keramik Melalui Seni Poteg

0
184
Senipoteg

BeritaKawasan.com – Banyak yang mengira bahwa SENI POTEG adalah sebuah teknik yang diadopsi dari luar negeri. Namun kita perlu berbangga hati, karena ternyata keahlian ini 100 persen asli ciptaan orang Indonesia.

SENI POTEG adalah singkatan dari Seni Potong Tegel. Yang merupakan cara dalam menggabungkan unsur ‘alat’, ‘metode’ dan ‘keahlian’ serta cita rasa seni untuk dapat memotong sekaligus membentuk beragam corak dan bentuk kepingan berbahan keras seperti tegel keramik atau lempengan batu untuk dijadikan sebuah lukisan keramik yang diinginkan.

Bentuk-bentuk yang dapat dibuat antara lain seperti hiasan lantai (indoor/outdoor), hiasan dinding, hiasan meja, hiasan pintu, bingkai lukisan dan banyak lagi. Bahkan dengan teknik ini lukisan-lukisan semacam Mona Lisa, Starry Night, The Kiss dsb, dapat ia duplikasi dengan bahan dasar keramik.

Dengan melihat keuntungan yang dapat dilakukan oleh SENI POTEG, teknologi pembentuk keramik ini dapat mengantikan fungsi water jet, yaitu teknologi pembentuk keramik asal luar negeri yang harganya 100x lipat dari alat ini. Hal ini juga yang sempat dikawatirkan oleh masyarakat asing.

Namun kelemahan dari SENI POTEG adalah teknik ini lebih banyak menggunakan tenaga manusia, karena memang mustahil menghasilkan cita rasa seni menggunakan sistem yang full otomatis.

Kehadiran SENI POTEG ini menurut pendapat sebagian orang berpotensi merevolusi industri keramik nasional. Karena aktivitas pembuatan yang sebelumnya merupakan aktivitas eksklusif yang membutuhkan peralatan mahal, kini dapat dilakukan oleh banyak pihak dalam skala rumah tangga maupun UKM, dengan investasi yang juga sangat terjangkau.

Seorang ahli keramik senior sekaligus seseorang yang pertama kali memperkenalkan kerajinan SENI POTEG ini, Alexander Muchroso atau yang akrab dipanggil Alex akhirnya menemukan karya seni yang sengaja ia ciptakan.

“Setelah sekian lama merasakan serunya bergelut di bidang keramik, akhirnya saya berhasil menciptakan sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi orang banyak dan saya ingin penemuan saya bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.” Menurut Alex yakin. Karena menurut beliau, produk yang dihasilkan dari kerajinan yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk menghias interior di setiap rumah.

Selama ini kerajinan keramik hanya terbatas pada seni pottery atau kerajinan tanah liat. Berbeda dengan kerajinan Pottery yang dibentuk dalam keadaan basah lalu di-finishing setelah kering dan diakhiri dengan proses pembakaran, teknik SENI POTEG justru dibentuk setelah keramik selesai dibakar.

Kerajinan ini menggunakan alat yang relatif sederhana dan harga yang terjangkau bagi seorang pengrajin pemula seperti pak Alex, sehingga untuk memulainya tidak membutuhkan modal besar. Di sisi lain, bahan baku yang digunakan seperti tegel keramik atau lempengan batu dapat diperoleh dengan mudah. Karena di Indonesia cukup banyak tersedia pabrik khusus tegel keramik.

Dari susunan beberapa tegel keramik yang sudah rusak, masih dapat dipakai untuk kerajinan SENI POTEG menjadi lukisan yang sangat indah. Hanya dengan memadukan potongan tegel tanpa pewarnaan, seperti menyusun potongan puzzle sesuai gambar yang diinginkan.

Seperti kita ketahui, selama ini tegel keramik hanya dapat dipotong lurus dan tidak bisa dibentuk. Perlu diketahui juga, jika tegel keramik selama ini sulit dibentuk karena strukturnya yang keras.

Dengan SENI POTEG ini kita dapat meningkatkan nilai dari tegel keramik biasa menjadi produk Indonesia yang bernilai tinggi. “Menjadi seorang pakar dibidangnya bukanlah pekerjaan yang mudah, namun butuh kerja keras dan loyalitas tinggi”, tambah pak Alex sambil memperkenalkan beberapa produk yang ia hasilkan dari workshopnya di bilangan Tangerang dengan mantap.

Baca Juga Artikel ini :

  1. Bisnis Yang Diawali  Kebutuhan
  2. Maraknya Tren Painting Shoes
  3. The Big Start Melahirkan Enterpreneur Baru

LEAVE A REPLY