Pendidikan Karakter Terbaik Dimulai Sejak Usia dini

0
157
kegiatan-ekstrakurikuler
Murid Living Water Talent Academy

 

BeritaKawasan.com – Karakter suatu bangsa merupakan aspek penting yang mempengaruhi pada perkembangan sosial-ekonomi. Kualitas karakter yang tinggi dari masyarakat tentunya akan menumbuhkan keinginan yang kuat untuk meningkatkan kualitas bangsa. Pendidikan karakter yang terbaik adalah jika dimulai sejak usia dini. Sebuah ungkapan yang dipercaya secara luas menyatakan “ jika kita gagal menjadi orang baik di usia dini, di usia dewasa kita akan menjadi orang yang bermasalah atau orang jahat”.

Di antara berbagai nilai yang diajarkan, dalam pelaksanaannya dapat dimulai dari nilai yang esensial, sederhana, dan mudah dilaksanakan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah/wilayah, yakni bersih, rapih, nyaman, disiplin, sopan dan santun.

Nilai-nilai Pendidikan Karakter sebenarnya selama ini sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional satuan pendidikan masing-masing. Hal ini merupakan prakondisi pendidikan karakter pada satuan pendidikan yang untuk selanjutnya pada saat ini diperkuat dengan 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. Nilai prakondisi (the existing values) yang dimaksud antara lain takwa, bersih, rapih, nyaman, dan santun.

Vania, pemilik Living Water Talent Academy mengatakan, “ Bahwa anak-anak yang telah mendapat pendidikan pra-sekolah mempunyai kemampuan yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak masuk ke TK, terutama dalam kemampuan akademik, kreativitas, inisiatif, motivasi, dan kemampuan sosialnya,” ujar Vania.

Anak-anak yang tidak mampu masuk ke TK umumnya akan mendaftar ke SD dalam usia sangat muda, yaitu 5 tahun. Hal ini akan membahayakan, karena mereka belum siap secara mental dan psikologis, sehingga dapat membuat mereka merasa tidak mampu, rendah diri, dan dapat membunuh kecintaan mereka untuk belajar.

Vania menambahkan, “Sebuah program penanganan masalah ini dibutuhkan untuk mempersiapkan anak adalah hal yang sangat penting untuk menggerakkan masyarakat di daerah miskin untuk mulai memasukkan anaknya ke prasekolah dan mengembangkan lingkungan bersahabat dengan TK lainnya untuk bersama-sama melakukan pendidikan karakter,” tambahnya.

Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah teridentifikasi 12 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:

  1. Rasa ingin tahu
  2. Toleransi
  3. Jujur
  4. Kreatif
  5. Kerjakeras
  6. Mandiri
  7. Tanggung Jawab
  8. Gemar membaca
  9. Peduli Sosial
  10. Religius
  11. Menghargai Prestasi
  12. Bersahabat/Komunikatif

Dalam implementasinya jumlah dan jenis karakter yang dipilih tentu akan dapat berbeda antara satu daerah atau sekolah yang satu dengan yang lain. Hal itu tergantung pada kepentingan dan kondisi satuan pendidikan masing-masing, tutup Vania kepada BeritaKawasan.com.

living-water-talent-academy

Nah, untuk info lebih lanjut mengenai pendidikan karakter untuk perkembangan buah hati Anda silahkan hubungi Living Water Talent Academy di nomor telepon 021- 29562394 / 082228228022 atau datang langsung ke alamat di Komplek Rukan Sunter Terrace blok A 20, Sunter – Jakarta Utara. Advertorial

LEAVE A REPLY