Pengobatan Alternatif Ala Bekam Ruqyah Center (BRC)

0
1577
Bekam

Pengobatan Alternatif Ala Bekam Ruqyah Center (BRC)Tubuh sehat tentu idaman setiap manusia, karena jika kondisi sakit maka aktivitas kita pun akan terganggu bahkan sampai tidak bisa melakukan aktivitas sedikitpun.  Maka mencegah lebih baik daripada mengobati, salah satunya terapi bekam sebagai upaya pencegahan agar kita terhindar dari sakit ataupun penyakit kronis dikemudian hari.

Kesehatan sangat penting dan menjadi harta manusia yang sangat berharga, jika Anda tidak sehat bisa dikatakan Anda tidak dapat menikmati kehidupan. Alasan pentingnya kesehatan bagi tubuh manusia, merupakan hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap manusia. Tanpa Kesehetan, manusia tidak bisa beraktivitas dan mejalani kehidupan sehari-hari. Saat Anda sakit, baru Anda akan ingat terasa penting arti kesehatan. Bahkan tidak perlu Anda sakit keras, sakit ringan saja Anda sudah sangat terganggu. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kesehatan yang dimiliki.

Selain itu kesehatan terbilang sangat mahal, saat ini biaya pengobatan dan perawatan sangat mahal. Bahkan banyak orang yang terpaksa menjual seluruh hartanya demi menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Bila Anda memiliki keluhan penyakit, tidak ada salahnya Anda mengobatinya dengan cara pengobatan Alternatif. Yaitu, dengan cara pengobatan bekam.

Bekam mempunyai beberapa sebutan, seperti : canduk, canthuk, kop, atau mambakan.  Di Eropa disebut cupping dan fire bottle. Dalam bahasa Mandarin disebut Pa Hau Kuan.  Dalam bahasa arab disebut Hijamah, dari kata al-hijmu yang berarti pekerjaan, yaitu membekam. Al-Hajjam berarti ahli bekam.   Al-Hijmu berarti menghisap atau menyedot. Maka secara bahasa, bekam berarti menghisap. Menurut istilah, bekam berarti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkan darahnya dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung di dalam gelas. Sedangkan kitab-kitab Arab, memberikan pengertian tentang bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Allah Ta’ala.

Bekam merupakan metode pengobatan Nabi SAW dengan cara detoksifikasi yaitu metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dan darah beku (statis) yang ada dipermukaan kulit. Hal ini disebabkan adanya penumpukan toksin ( racun) didalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman instan berbahan kimia seperti pewarna,pengawet, perasa/MSG buatan, zat pengembang, polusi udara dan obat-obatan berbahan kimia yang tidak dapat diurai oleh sistem pencernaan tubuh dan tidak dapat dikeluarkan melalui sistem pembuangan. Sel darah kotor ini akan berkumpul di lapisan bawah kulit. Sel darah ini akan digantikan dengan sel darah merah yang baru. Darah yang baru mengandung oksigen dan nutrien yang diperlukan oleh sel tubuh.Sel darah yang rusak (darah kotor) yang gagal berkumpul dalam tubuh dan masih hadir dalam sistem aliran darah menyebabkan faktor utama yang mengakibatkan Kapilari tersekat dan tersumbat, kesannya akan menganggu berbagai sistem badan dan menyebabkan kegagalan sistem limfa, ginjal dan hati tidak berfungsi dengan sempurna yang akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit kronis. Gejala awal yang dapat dirasai oleh tubuh badan ialah badan terasa lesu, letih, kebas kaki dan tangan, pening, cepat marah, cepat bosan, murung, mudah mengantuk dan mudah naik pitam.
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bekam bekerja dengan cara merangsang atau mengaktifkan :
1. Sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh memproduksi zat antibodi yang mampu membunuh kuman penyakit yang merugikan
2. Pengeluaran enkefalin dan endorfin (neurotransmitter yang berperan dalam pengaturan rasa sakit, mood, tingkah laku, dan pengaturan hormon).
3. Memperlancar sistem syaraf dan pelebaran pembuluh darah
4. Memperbaiki fungsi organ tubuh, dengan cara memperbaiki jaringan dan sel tubuh sehingga dapat kembali berfungsi dan sehat.

 

Menurut Dr. Wadda’ A. Umar, cara kerja bekam : apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam, maka akan terjadi kerusakan pada kulit, jaringan bawah kulit (sub kutis), fascia dan ototnya. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin, histamine, dan bradikinin, serta zat-zat lain yang belum diketahui. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol pada daerah yang dibekam. Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku serta akibat vasodilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil”.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bekam pada titik tertentu dapat menstimulasi kuat syaraf permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C, serta traktus spinothalamicus ke arah thalamus yang akan menghasilkan endorphin, suatu zat yang berfungsi dalam persepsi rasa sakit. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut aferen simpatik menuju ke motor neuron dan menimbulkan refleks intubasi nyeri yang nantinya semua itu akan mengurangi rasa sakit.

Pada dasarnya semua orang bisa dibekam pada kisaran umur 4 tahun keatas, yang penting pasiennya bisa kooperatif.  Pada orang tua yang sudah renta, ibu hamil dan anak-anak pembekaman dilakukan dengan hati-hati, dengan sayatan yang tipis, tekanan kop yang ringan dan titik bekam yang terbatas.

Didaerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan terdapat pengobatan alternative dengan nama Bekam Ruqyah Center (BRC), klinik pengobatan alternative ini didirikan oleh H. Asep Hasan Badri pada 11 tahun yang lalu di Bandung dan menjadi kantor pusat dengan tersebar 43 cabang di pulau jawa. BRC adalah pusat pengobatan nabi (Thibbun Nabawi) untuk mengatasi berbagai penyakit medis dan non medis. Salah satu terapi nya melalui bekam steril. Pertama Anda akan direleksasi dengan kayu rotan agar tubuh relak agar mendapatkan hasil pengobatan yang optimal dan tubuh Anda akan terasa lebih ringan. BRC cabang pasar minggu sendiri didirikan pada tahun 2007, disana Anda dapat berkonsultasi dengan terapis yang sangat friendly. BRC juga melayani terapi lainnya seperti, Ruqyah Syar’iyyah, terapi lintah, terapi detoks, gurah mata, kay, dan terapi lainnya.

BRC Pasar Minggu buka dari pukul 09.00wib sampai dengan 17.00wib, biaya pengobatannya pun terbilang cukup murah, mulai dari Rp.65.000,-. Khusus untuk member, ada diskon khusus juga untuk terapi bekam steril dan untuk penambahan titiknya hanya Rp.5000,- per titik. Hanya dengan Rp. 65.000,- disana Anda akan dibekam titik syafaf pusat yang juga dilakukan oleh Rosullullah SAW.

Nah, bagi Anda yang mempunyai keluhan penyakit medis dan non medis, datang segera ke Bekam Ruqyah Center yang beralamat di jalan Raya Pasar Minggu No. 12B, Jakarta Selatan. (samping masjid At Taqwa) atau info lebih lanjut dapat di klik di www.klik-brc.com tutup Zayyin Akmam Misbahul Hayat kepala cabang BRC Pasar Minggu.

LEAVE A REPLY