Peranan Investor Asing dan Pentingnya Komunikasi

0
101
Peranan Investor Asing

BeritaKawasan.com – Kita sudah sering melihat aliran masuk dana asing membuat rupiah menguat, IHSG dan harga obligasi pemerintah meningkat. Sebaliknya, keluarnya dana asing melemahkan rupiah, menurunkan IHSG dan meningkatkan imbal hasil obligasi pemerintah. Akibatnya, rakyat Indonesia khawatir dengan dominasi dana asing terhadap pasar obligasi atau saham, bahkan ekonomi kita.

Namun demikian, kita harus lebih realistis bahwa dominasi dana asing tidak akan pernah bisa dihilangkan, kecuali jika pemerintah menerapkan sistem ekonomi tertutup. Ekonomi Indonesia saat ini menyumbangkan 1% kepada perekonomian dunia. Dengan hitungan yang sederhana, kekuatan kita yang hanya 1% tidak akan bisa mengalahkan aliran dana asing, yang secara definisi mengontrol 99% perekonomian dunia‎.

Bahkan ekonomi dunia yang terbesar, yakni Amerika dan China, masing-masing hanya menyumbang kurang dari 30% kepada ‎perekonomian dunia. Pada tahun 2015,  kita  ingat  bagaimana bank sentral Amerika, Federal Reserve, direpotkan oleh aliran dana asing yang membuat dollar menguat dengan cepat, yang pada gilirannya membatasi pilihan kebijakan-kebijakan moneter yang diterapkan.  Pada tahun yang sama China mengalami keluarnya dana asing yang mengganggu mata uang dan perekonomiannya. Kesimpulannya, suatu negara secara teoritis akan didominasi oleh dana asing kecuali jika negara tersebut menyumbang lebih dari 50% kepada perekonomian global.

Penting untuk dicatat bahwa mandat utama pemerintah Indonesia adalah membuat kebijakan yang bisa mendatangkan hasil yang terbaik bagi ekonomi dalam negeri. Secara teori investasi dasar, investasi akan mengalir ke area yang memberikan imbal hasil yang paling besar. Dengan demikian, jika pemerintah mengutamakan kepentingan perekonomian nasional, maka investor asing akan menanamkan modalnya di sini.

Mengingat pentingnya aliran dana asing, pemerintah Indonesia harus memastikan komunikasi dengan investor asing dilakukan secara lancar dan bertanggung jawab. Pemerintah harus secara jelas menjelaskan bagaimana suatu kebijakan yang diambil bertujuan untuk memberikan hasil dan manfaat jangka panjang yang terbaik. Selama kita memiliki integritas dan kehendak yang benar, menjaga komunikasi yang terbuka dan transparan untuk menghindari kesalahpengertian dan meningkatkan kepercayaan investor merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan‎.

Pada akhirnya, pengaruh dana asing pada pasar modal dan ekonomi kita tidak akan pernah bisa dihilangkan dan itu merupakan suatu kenyataan hidup. Dengan demikian, pemerintah‎ semestinya memelihara komunikasi yang baik dengan investor asing. Berbarengan dengan itu, jika pemerintah akan menerapkan suatu kebijakan, pemerintah harus selalu hati-hati dan siap dengan potensi dari dampak aliran dana asing‎ terhadap ekonomi dan pasar modal kita.

 

 

Baca Juga Artikel ini :
1. IFEX Kembali Promosikan Rotan ke Pasar Internasiona
2. Industri Sapi Perah Nasional dan produksi Susu Lokal
3. The Big Start Melahirkan Enterpreneur Baru

 

 

 

LEAVE A REPLY