Pura Uluwatu, Sensasi Panorama dari Atas Tebing

0
203
pura uluwatu
A rare perspective of Pura Luhur, a Balinese sea temple at Uluwatu on Bali, Indonesia. The temple sits on a sheer cliff, and guards Bali from evil spirits from the south-west.

Pura Luhur Uluwatu, atau yang biasa disebut dengan Pura Uluwatu adalah sebuah pura yang terletak di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pura ini mempunyai keunikan sendiri karena dibangun di atas tebing di pinggir laut dengan ketinggian hampir 97 meter. Selain tempatnya yang dianggap religius, pura ini juga memiliki keindahan panorama yang menakjubkan.

Untuk menuju ke sana, kita harus berjalan kaki dari bawah. Namun yang harus diingat, di sepanjang jalan menuju ke puncak tebing kita harus berhati-hati karena banyak kera liar berkeliaran. Pengunjung diharapkan tidak membawa makanan dan barang-barang yang mencolok karena bisa saja dirampas. Kera-kera itu dipercaya oleh warga sekitar sebagai penjaga suci Pura Uluwatu.

Sama seperti tempat-tempat suci lainnya, jika ingin memasuki pura Uluwatu kita harus menggunakan pakaian yang menutup sampai lutut. Jika ternyata pakaian kita masih di atas lutut, kita bisa memakai selendang (untuk dililit di pinggang) yang merupakan fasilitas dari pengelola. Fungsi selendang tersebut adalah simbol penghormatan pada Pura Uluwatu.

Sampai di puncak tebing, kita bisa melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Di sepanjang tebing pun diberi pagar pembatas untuk keselamatan pengunjung. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk melihat sunset yang pastinya sangat indah. Selain itu kita juga bisa melihat para peselancar yang sedang beratraksi.

Tiket masuk ke Pura Uluwatu sangat terjangkau yaitu 15 ribu rupiah untuk orang dewasa. Di Pura Uluwatu pun ada pementasan tari kecak yang menceritakan penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana. Pementasan tari kecak dimulai dari jam 6 sampai jam 7 malam. Namun kita diharuskan membayar uang sebesar 100 ribu rupiah.

 

Baca juga artikel wisata di bawah ini :

  1. Museum Geologi Bandung, Sumber Daya Mineral Kita
  2. Mutiara Carita, Penginapan Mewah Pinggir Pantai
  3. Kawah Putih, Tempat Wisata Nan Romantis

LEAVE A REPLY