Seberapa Lama-Kah Waktu Yang Tepat Mencuci Tangan? Menurut Ahli Terkait.

0
200
Mencuci Tangan
foto by google

Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa sering mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko terserang infeksi. Mencuci tangan merupakan rutinitas sederhana yang bisa dilakukan agar dapat mencegah infeksi dan penyebaran penyakit. Berapa lama kebiasaan ini sebaiknya dilakukan sehari-hari?

Beberapa waktu lalu dr Erni J Nelwan, SpPD-KPTI dari Divisi Tropik-Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, juga mengatakan bahwa anjuran cuci tangan menggunakan sabun untuk cegah penyakit bukan asal-asalan. “Kalau tidak ingin terkena infeksi diare dan semacamnya, itu cuma satu dan sudah terbukti melalui penelitian. Caranya ya sering-sering cuci tangan menggunakan sabun,” tutur dr Erni.

Menurut dr Erni, sebagian besar kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Untuk bisa ke mulut, kuman biasanya hinggap pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Meski demikian, tangan memiliki jumlah kuman yang paling banyak. Seitap tangan manusia berfungsi sebagai indra peraba, dan sering bersentuhan dengan benda-benda asing yang kemungkinan sudah menjadi sarang kuman.

Deputy Chief Medical Officer Inggris, Dr Gina Radford, menyarankan bahwa mencuci tangan sebaiknya dilakukan selama 45 detik setiap cuci tangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan sabun saat melakukannya.

Mencuci tangan dalam waktu terlalu singkat dan tidak menggunakan sabun dikatakan oleh Radford, tidak akan memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan. Karena, kuman dan bakteri yang ada di tangan bisa saja masih hidup.

Kebiasaan seperti ini juga sebaiknya dilakukan beberapa kali dalam sehari, terlebih sebelum dan sesudah makan, serta setelah menggunakan toilet. Pada waktu-waktu ini, kuman dan bakteri diyakini sedang banyak dan perlu cuci tangan untuk memberantasnya.Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa sering mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko terserang infeksi. Mencuci tangan merupakan rutinitas sederhana yang bisa dilakukan agar dapat mencegah infeksi dan penyebaran penyakit. Berapa lama kebiasaan ini sebaiknya dilakukan sehari-hari?

LEAVE A REPLY