Teluk Kiluan dan Lumba-Lumba di Ujung Sumatra

0
172

BeritaKawasan.com – Teluk Kiluan adalah sebuah tempat wisata bahari yang mempunyai lokasi di Desa Kiluan Negeri, Tanggamus, Provinsi Lampung. Objek wisata ini sendiri merupakan sebuah teluk yang terletak kira-kira 80 km dari kota Lampung atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan angkutan pribadi. Jika ke tempat ini sebaiknya menggunakan mobil yang tahan banting karena jalanan yang tidak rata dan bergelombang.

Jika berbicara tentang Teluk Kiluan, yang paling diingat oleh wisatawan adalah lumba-lumbanya. Lumba-lumba disini sering melakukan atraksi-atraksi yang menarik dan pastinya jarang sekali muncul di pantai lain di Indonesia. Beberapa spesies lumba-lumba yang ada di sini adalah lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran lumba-lumba hidung botol yang lebih besar daripada lumba-lumba paruh panjang.

lumba-lumba teluk kiluan
lumba-lumba teluk kiluan

Selain melihat lumba-lumba, di Kiluan kita juga bisa berenang di kolam renang alami yang dinamakan Laguna Gayau. Kolam renang ini dibatasi oleh bebatuan alami dan berisikan air laut yang sangat bening dan bersih. Air laut pun terkadang menerpa karang sehingga membentuk percikan air yang sangat menawan jika dilihat. Bagi kalian yang hobi fotografi, tidak ada salahnya mengabadikan momen di Laguna Gayau loh!

Satu lagi aktifitas yang paling dinanti pada setiap wisata bahari : snorkling. Spot snorkling yang ada di Teluk Kiluan berada di Pulau Kelapa. Karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, wisata bawah laut di sini masih sangat indah dan juga nampak alami. Jika anda bersnorkling di sini wajib berhati-hati agar tidak mengenai terumbu karangnya ya.

Saat senja, salah satu yang sangat menawan adalah sunsetnya yang membuat suasanya di sekitar teluk berwarna keemasan. Jangan lupa untuk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati kuliner seafood yang disediakan oleh rumah makan yang ada di sekitar teluk Kiluan.

 

LEAVE A REPLY