Wisata ke Gunung Merapi Yogyakarta

0
127
wisata gunung merapi

BeritaKawasan.com – Saat ini di kawasan Merapi di buka sebagai tempat wisata. Secara umum kita bisa menyaksikan sisa-sisa letusan gunug Merapi yang terjadi pada tahun 2010. Kita bisa melakukan wisata sendiri ataupun menggunakan jeep-jeep yang memang menyediakan wisata ke sana.

Wisata Merapi berada di Krangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Biasanya di situ anda akan menjumpai banyak komunitas jeep yang akan mengantarkan pengunjung ke daerah yang terkena dampak letusan gunung Merapi. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi adalah :

  1. Museum Sisa Hartaku
    Museum ini berada di dusun Petung, Desa Kepuharjo. Di sini kita bisa melihat kerangka sapi, uang meleleh, gelas meleleh, sisa gamelan, botol meleleh dan barang lainnya. Museum ini bisa dibilang adalah satu-satunya rumah yang tersisa pasca letusan 2010.
  2. Batu Alien
    Batu Alien ini adalah batu yang keluar pada saat erupsi 2010. Dinamakan batu alien karena batu ini menyerupai wajah yang sedang sedih. Batu ini pun sangat besar. Kira-kira tingginya adalah 5 meter.
  3. Makam Mbah Maridjan
    Makam Mbah Maridjan berada di dusun Srunen, Desa Glagaharjo. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mendoakan beliau. Mbah Maridjan dikenal sebagai juru kunci Gunung Merapi dan sudah puluhan tahun menjaga Merapi.
  4. Bunker Kaliadem
    Bunker ini dibuat pada tahun 2005 di dusun Kepuharjo. Bunker ini bertujuan untuk persembunyian pada saat gunung Merapi meletus. Ukuran bunker ini adalah 8 x 12 meter dan dilengkapi dengan kamar mandi, lampu dan ruang tabung oksigen.

Selain itu, kita juga bisa berwisata air di Kali Kuning yang memiliki 2 sumber mata air yaitu umbul lanang dan umbul wadon. Kali Kuning dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada juga bukit yang bernama Glagahsari yang banyak ditumbuhi pohon cemara. Suasana di sini sangat sejuk sehingga menambah rasa nyaman pengunjung yang berkunjung ke sini.

 

Baca juga artikel pariwisata berikut ini :

  1. Pura Uluwatu, Sensasi Panorama dari Atas Tebing
  2. Museum Geologi Bandung, Sumber Daya Mineral Kita
  3. Mutiara Carita, Penginapan Mewah Pinggir Pantai

LEAVE A REPLY