Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Telur ? Simak 5 Faktanya!

bolehkah penderita asam urat makan telur

Bolehkah penderita asam urat makan telur ? Pertanyaan semacam ini sering kali terlontar ketika para penderita asam urat ingin sekali makan telur, sedangkan kandungan protein dan purin dari makanan ini cukup tinggi. Sehingga dikhawatirkan akan membuat kadar asam urat malah menjadi naik.

Sebagaimana diketahui, bahwa penyakit asam urat adalah jenis penyakit yang dipicu banyaknya kandungan zat purin dalam tubuh. Oleh sebab itu, penderita asam urat ini tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, utamanya yang banyak mengandung zat purin seperti telur contohnya.

Bolehkan Penderita Asam Urat Makan Telur ya? Ini Fakta Terbarunya

Para penderita asam urat memiliki beberapa pantangan makanan yang harus dihindari, termasuk diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan, daging-dagingan, minuman bersoda dan lainnya. Namun, tidak disangka telur ternyata masuk dalam list makanan yang mengandung purin dan tidak boleh dimakan secara berlebihan oleh penderita asam urat.

Lalu bagaimana solusinya jika para penderita ingin makan telur, bolehkah penderita asam urat makan telur ? Mari simak faktanya di bawah ini;

1. Hanya Boleh Makan 1 Butir Saja

Kabar gembira bagi para penderita asam urat, ternyata meskipun tergolong makanan yang harus dihindari agar kadar asam uratnya tidak naik, telur tetap bisa dikonsumsi asalkan tetap dalam batasan wajar.

Untuk penderita asam urat disarankan agar makan telur hanya 1 butir dalam satu hari. Jika melebihi ukuran tersebut dikhawatirkan justru akan menimbulkan kesakitan karena kadar asam urat tiba-tiba tinggi.

2. Telur Bermanfaat Bagi Penderita Asam Urat

Fakta bahwa para penderita asam urat tidak boleh makan telur terlalu banyak ternyata dibarengi dengan fakta lain yang tidak banyak orang tahu. Telur ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lesitin yang terdapat dalam kuning telur.

Kandungan ini dapat mengikat lemak berlebihan dalam darah yang bisa saja menyebabkan efek buruk bagi penderita asam urat. Akan tetapi, telur yang dikonsumsi sebaiknya adalah telur rebus. Bukan telur goreng yang banyak mengandung lemak tak sehat dari minyak.

3. Diselingi dengan Makanan Sehat

Penderita asam urat tetap bisa makan telur setiap harinya atau hanya 4 butir dalam seminggu asalkan pada saat bersamaan tetap mengkonsumsi makanan sehat yang rendah purin. Saran terbaik selain menghindari makanan tinggi purin, bagi penderita asam urat adalah dengan menjalani diet makanan sehat.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat adalah;

  • Susu rendah lemak
  • Buah-buahan
  • Kopi, teh hijau dan teh
  • Minyak nabati seperti zaitun, kanola dan minyak kelapa
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Gandum utuh

Diet makanan rendah purin memang tidak bisa serta merta menurunkan kadar asam urat. Akan tetapi, pola makan yang sehat pastinya dapat mencegah serangan asam urat kambuh dan menurunkan tingkat keparahan serangan.

4. Harus Banyak Berolah Raga

Bolehkah penderita asam urat makan telur ? Pertanyaan tersebut kini telah terjawab asalkan penderita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Nah, meskipun telah diperbolehkan dalam batas tertentu, tetap ada hal penting yang harus dilakukan agar kadar asam urat tidak naik secara drastis jika selalu makan telur setiap harinya meskipun satu butir.

Untuk mengimbanginya ada baiknya penderita asam urat selalu menyempatkan diri melakukan olahraga setiap harinya meskipun hanya dalam waktu setengah jam dan olahraga ringan saja. Dengan rutin olahraga kadar lemak dalam tubuh juga akan perlahan luntur sehingga kadar asam urat pun turun juga.

5. Giat Menurunkan Berat Badan

Perlu diketahui bahwa berat badan berlebih dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh sebab itu, jika ingin tetap dapat makan telur, maka penderita asam urat juga harus giat menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat dari pada sel otot. Di samping itu berat badan yang berlebih juga akan mempersulit kinerja ginjal dalam menyaring asam urat. Melakukan diet sehat adalah solusi terbaik untuk menghasilkan berat badan yang ideal.

Hindari diet instan atau diet ketat yang justru akan berpengaruh pada kadar asam urat karena berat badan turun secara drastis. Bisa pula melakukan konsultasi dengan ahli gizi tentang diet sehat bagi penderita asam urat agar tidak melenceng dari aturan diet terbaik. Sebab, banyak pula yang karena ingin mendapatkan berat badan ideal dengan cepat, akhirnya diet ketat pun dilakukan.

Jika bertanya bolehkah penderita asam urat makan telur maka tidak ada lagi kekhawatiran bagi penderita asam urat dalam mengkonsumsi telur. Tetap boleh mengkonsumsi makanan tersebut, tapi dalam batas tertentu. Jika masih khawatir atau memiliki sikap ragu, para penderita asam urat bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait konsumsi makanan tersebut. Sehingga efek samping buruk setelah memakannya bisa diminimalisir dengan baik dan tidak menimbulkan kadar asam urat naik secara tiba-tiba.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *