Jenis Lem Sealant dan Masing-Masing Kegunaannya

Apa itu lem sealant dan kegunaan lem sealant

Sebagai orang yang bergelut di bidang konstruksi, Anda tentu akan mengutamakan struktur yang kokoh dan indah. Mulai dari celah kecil hingga sambungan material yang besar, harus dipastikan untuk menyatu sempurna.

Biasanya, produk yang banyak digunakan untuk perekatan dua bidang atau menambal celah dalam konstruksi ini menggunakan lem khusus, yaitu lem sealant. Lem ini punya beragam jenis dan fungsi berbeda. Mulai dari bahan, daya rekat, karakteristik, ukuran kemasan, dan kegunaannya.

Sebagai contoh, Anda perlu memilih jenis tententu untuk permukaan yang sering terpapar sinar ultraviolet (UV). Ada juga yang cocok untuk diaplikasikan di bidang tertentu seperti permukaan kering atau basah, juga pada kayu atau logam.

Artikel ini akan membahas lem sealant untuk apa dan jenisnya apa saja. Simak selengkapnya.

Jenis Lem Sealant dan Kegunaanya

lem sealant adalah bahan yang digunakan untuk mengisi celah atau retakan
Jenis lem sealant, source via Freepik.com

Apa itu lem sealant? Lem sealant adalah lem perekat yang memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk merekatkan dua bidang material atau untuk mengisi celah antara bidang tersebut.

Sealant terdiri dari berbagai jenis dan merk yang kini mudah ditemukan di pasaran, tetapi bisa jadi akan membuat Anda bingung menentukan pilihan yang tepat. Harga lem ini juga beragam sesuai kemasan dan jenisnya.

Supaya tidak bingung lagi, yuk kenali apa saja jenis lem sealant dan kegunaannya.

1. Silicone Sealant

Silicone sealant termasuk dalam produk dengan golongan anorganik. Lem ini terbuat dari bahan dasar silicone polymer.

Sebagai lem perekat, silicone sealant cocok digunakan untuk mengisi celah agar tidak bocor dan merekatkan dua permukaan. Kelebihannya adalah tahan terhadap sinar UV dan suhu dingin.

Terdapat dua jenis silicone sealant, yaitu netral dan asam (acetic). Lem ini bisa diterapkan di berbagai area seperti jendela, konstruksi kaca, kusen pintu, roofing, partisi kamar mandi, dan akuarium. Selain daya tahannya yang kuat, lem ini juga fleksibel, cocok untuk konstruksi bangunan yang mengalami pemuaian.

2. Acrylic Sealant

Acrylic sealant terbuat dari asam akrilat, sehingga sifatnya tidak elastis seperti silicone sealant. Lem ini ini hanya memiliki warna putih dan bisa dicat setelah pengaplikasiannnya.

Lem ini cocok digunakan di dalam ruangan karena tidak mengandung bau menyengat dan tidak bersifat korosif. Sealant acrylic dapat menjadi alternatif pengganti semen putih untuk menutup celah atau lubang pada plafon interior dan retakan pada dinding.

3. Polyurethane Sealant

Lem polyurethane sealant (PU) memiliki daya rekat yang kuat dan banyak digunakan oleh para kontraktor. Sealant PU tahan terhadap sinar UV dan dapat dicat sesuai keinginan. Kegunaannya bisa untuk menambal celah pada beton, kusen kayu, habel, atau alumunium.

4. Modified Sealant

Modified sealant (MS) juga dikenal dengan sebutan hybrid sealant, yaitu jenis yang ramah lingkungan. Lem ini dihasilkan dari kombinasi sifat-sifat terbaik silicone sealant. Kelebihannya adalah daya tahan tinggi dan kemampuan melekat kuat pada seluruh permukaan, termasuk kaca.

5. Butyl Sealant

Butyl Sealant memiliki elastisitas tinggi dan daya rekat yang kuat. Perekat ini biasanya digunakan untuk kebutuhan penyegelan supaya tahan tekanan dan kebocoran. Misalnya pada atap logam dan panel fasad.

Kegunaan lem sealant ini mencegah terjadinya kebocoran air, angin, dan suara yang bisa mengurangi kualitas bangunan. Keunggulan utamanya adalah elastisitasnya yang bisa menyesuaikan dengan perubahan permukaan, sehingga kuat dan tahan menghadapi perubahan lingkungan.

6. Polysulfide Sealant

Sealant ini umumnya digunakan pada objek yang memerlukan ketahanan terhadap bahan kimia dan suhu tinggi. Contohnya tangki penyimpanan kimia dan kolam renang. Fungsi sealant ini menyegel celah supaya tidak bocor atau rusak.

Sebagai sejenis sealant yang terbuat dari polimer polisulfida, produk ini memiliki sifat tahan terhadap bahan kimia, suhu, dan kondisi cuaca yang ekstrem.

Rekomendasi Lem Sealant Sesuai Kebutuhan

Nah, supaya mendapatkan gambaran lebih aplikatif, Anda bisa menggunakan rekomendasi lem sealant berikut ini untuk kebutuhan konstruksi. Apa saja?

Krisbow Pipe Sealant Pneumatic Hydraulic K1542

harga lem Krisbow Pipe Sealant Pneumatic Hydraulic K1542

Sealant ini adalah lem yang digunakan untuk menyegel pipa dan mencegah kebocoran pada saluran pipa pneumatik dan hidrolik.

Produk ini dapat digunakan pada pipa yang terbuat dari berbagai jenis material seperti besi, baja, kuningan, tembaga, dan plastik.

Krisbow Pipe Sealant Pneumatic Hydraulic K1542 dapat digunakan pada suhu tinggi dan tekanan tinggi. Produk ini tersedia dalam kemasan 50 ml dan bisa juga digunakan untuk berbagai aplikasi industri seperti otomotif, manufaktur, dan perbaikan mesin.

Krisbow Flexible Gasket 300ml K1515

Kegunaan lem sealant Krisbow Flexible Gasket 300ml K1515

Produk satu ini adalah sealant yang dapat digunakan untuk merekatkan gasket pada mesin dan kendaraan. Produk ini dapat mengisi goresan pada permukaan dan dapat digunakan pada berbagai jenis material seperti besi, baja, kuningan, tembaga, dan plastik.

Krisbow Flexible Gasket 300ml K1515 ini sifatnya fleksibel sehingga dapat digunakan pada suhu dan tekanan tinggi.

Krisbow Instant Adhesive Cyanoacrylate K1495

Jenis lem sealant Krisbow Instant Adhesive Cyanoacrylate K1495

Sealant ini merupakan produk adhesif yang menggunakan zat kimia cyanoacrylate untuk merekatkan bahan-bahan seperti rubber, plastik, logam, kayu, kulit, keramik, ferrites, batu, dan kork.

Keunggulan produk ini adalah kemampuan merekat kuat pada permukaan. Aplikasi Krisbow Instant Adhesive Cyanoacrylate K1495 adalah perbaikan dan pemasangan pada permukaan yang lembab atau basah, bahan yang mudah terlepas seperti plastik dan kulit, bahan yang memiliki permukaan berlubang atau goresan, permukaan yang tidak rata, permukaan yang keras, hingga bahan yang memiliki permukaan yang berbeda, seperti logam dan plastik.

Krisbow Instant Adhesive Cyanoacrylate K1495 dapat digunakan pada berbagai industri seperti otomotif, manufaktur, perbaikan mesin, dan peralatan rumah tangga. Produk ini dapat digunakan pada suhu tinggi dan tekanan tinggi, dan tidak memerlukan waktu tunggu yang panjang untuk mengikat bahan.

Penutup

Dengan mengetahui apa itu lem sealant, jenis-jenis sealant, dan kegunaannya di atas, Anda dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bangunan maupun bisnis Anda. Setiap jenis sealant memiliki kegunaan dan kelebihan yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dalam memilih yang sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan

20 Komentar

  1. Ternyata lem sealant ini banyak juga ya jenis dan manfaatnya. Selama ini taunya leam sealant ini sering dipakai untuk merekatkan kaca pada pembuatan akuarium dan pernah juga lihat leam sealant ini digunakan pengrajin lemari alumunium.

    1. Betul, kak, leam sealant juga bisa buat bahan berupa logam atau pipa besar berbahan plastik. Namun, bisa sesuaikan merek dan jenisnya supaya efektif.

  2. Kapan itu sink di dapur bocor dari samping, jadi bawahnya sink suka basah & bau. Nah iya…kata tukang, pakai lem sealent
    Bagus banget. Bening gitu dan rapi.
    Udah deh engga bocor lagi…

    1. Memang se-efektif itu kak. Kalau sudah kenal lem sealant, bisa bereskan segala macam keretakan dari bahan konstruksi dengan rapi.

  3. Di rumah saya tuh jujurly banyak lem-lem begini. Suami sama anak kedua saya yang sering beli, tapi saya sendiri gak paham apa saja manfaatnya. Jenisnya pun beda-beda. Habis baca artikel ini jadi sedikit tercerahkan. Minimal jadi gak ngomel2 lagi kalau lihat PakSu dan Anak Lanang koleksi lem.

    1. Haha, iya ya koleksi lem bikin salah paham kalau buat kaum istri. Pasti dikira pemborosan atau kegemaran tidak perlu. Teryata eh ternyata manfaatnya bagus juga.

  4. Pernah sih saya pake lem krisbow ini untuk ngelem pipa saluran keran yang bocor, emang kuat dan awet.

    1. Betul kak, memang recommended bgt nih merek dari Krisbow ini. Banyak dipakai di berbagai jasa konstruksi, termasuk perawatan mandiri oleh pemilik rumah.

  5. kalau pakai Acrylic Sealant bisa untuk dinding kan? termasuk dinding retak terus tinggal di kasih ini aja gitu ya? auto pengen dong. terus ada jenis Silicone Sealant bisa nih untuk akuarium saya yang ada lepas kaca pinggirnya. Eh ada juga ternyata yang khusus buat penampungan air ya, bisa untuk gentong plastik besar bocor nih pakai Polysulfide Sealant. Sekarang tau deh jenis – jenis dan buat apa.

    1. iya kak, ragam objek, bisa dengan jenis lem berbeda. Mereknya bisa lihat di Kawanlama ya

  6. Wah aku baru tahu ada lem sealant. Kemasannya mungil, tapi kegunaannya besar banget, bisa merekatkan permukaan untuk bidang kontruksi jadi lebih mudah membetulkan yg rusak..untuk di rumah kalau ada yg rusak juga bisa kayanya ya mbak?

    1. Iya betul, ini lem mungil, bisa buat banyak hal. Namun, ada kok yang ukuran besar seperti di image utama di atas.

  7. Ternyata macemĀ² yah lem jenis sealant tuh. Aku ngiranya yg bening doang dong. Malah ada yg bisa dicat juga.
    Harus pelajari nih fungsi tiapĀ² lem.

    1. Yaps mbak Hani, Kalau senang merawat rumah atau aqyarium bisa nih mulai kenal banyak jenis lem sealant. Pasti guna bgt.

  8. Ijin save link ya kk. Infonya sangat berguna, next saya bakal butuh lem sealant kek gini

  9. Kalau sedang butuh Lem Sealant saat perbaikan berarti kudu spesifik banget yaa.. Mengingat banyak sekali jenis dan kegunaannya.
    Aku jadi inget beberapa waktu lalu Ibuku renov rumah. Dan yang belanja masku. Karena bukan tukang, jadi gak paham sama bahan yang diminta. Pas dateng, banyak bahan yang bener namanya, tapi salah jenisnya. Wow yaa.. ini baru satu jenis nih… printilan lainnya masih banyaaakk lagiii..

  10. Wah, baru tahu kalau ternyata sealant pun jenisnya banyak ya. Saya hanya tahu sealant sering digunakan untuk merekatkan atau mengisi bagian-bagian rumah seperti celah jendela dan kaca, pinggiran canopy dan sebagainya. Makasi rekomendasinya Kak. Sealant Krisbow sepertinya bagus nih kualitasnya, gampang juga carinya di Ace Hardware terdekat ya biasanya.

  11. Suami kerjanya konstruksi, sering baget pakai Krisbow Flexible Gasket 300ml K1515 ini. Saya pikir lem Krisbow ini hanya satu macam, eh ternyata beragam.

  12. ternyata namanya lem sealant ya lem yang buat menambal celah-celah itu dan banyak juga ya macamnya. perlu banget nih tahu macam-macam lem begini biar nggak salah beli

  13. selain bapak bapak, ibu-ibu juga wajib tahu tentang ini soalnya dibutuhkan di rumah, biar enggak bingung kan kalau lagi butuh dan mau beli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *