3 Rekomendasi Sepatu Olahraga Wanita yang Ringan

sepatu olahraga wanita yang ringan

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi sepatu olahraga wanita yang ringan dipakai? Salah satu pertimbangan dalam memilih sepatu olahraga, selain desain dan bahan adalah bobotnya.

Sepatu yang ringan menjadikan pengguna bebas bergerak dan nyaman. Karena tidak terlalu berat, meski mengenakannya dalam waktu lama, tetap terasa nyaman dan tidak mudah capek.

Sebagai alas kaki untuk bergerak bebas, sepatu olahraga harus elastis namun kuat. Bahan untuk sepatu olahraga harus kuat agar tidak mudah rusak.

Untuk memilih sepatu olahraga yang bagus dan berkualitas cukup mudah. Sebelum membeli, pastikan ukurannya pas sehingga nyaman ketika dikenakan.

Sepatu Olahraga Wanita yang Ringan Dilihat dari Bahannya 

Mungkin kamu ingin mendapatkan rekomendasi merek tertentu, ya. Jika bicara sebuah brand, pasti akan cukup subjektif dalam segi harga, desain, dan selera. Jika mencari yang ringan, kamu cukup memilih dari segi bahannya.

Ada banyak bahan sepatu olahraga wanita yang ringan agar kegiatanmu terasa lebih menyenangkan. Meski ringan, tidak perlu khawatir sepatu yang digunakan akan tetap awet jika bisa merawatnya dengan baik. Berikut bahan yang bisa menjadi pilihan.

1. Kanvas

Bahan pertama adalah kanvas. Jenis kain ini terkenal kekuatannya karena mempunyai serat yang padat, warnanya pun bermacam-macam. Berbagai teknik pewarnaan akan menempel kuat sehingga sepatu tidak cepat terlihat using

Karena berupa kain, kanvas sangat mudah menyerap keringat sehingga bagian dalam tetap kering. Sirkulasi udara pun bisa berjalan lancar dan bisa menjaga kesehatan kaki.

2. Knit

Bagi yang ingin memilih sepatu olahraga wanita yang ringan bahan knit bisa menjadi pilihan tepat. Knit merupakan jenis bahan berbentuk rajutan rapi yang kuat dan menarik.

Banyaknya pori-pori pada jenis kain ini membuat pemakai sepatu tetap merasa nyaman dan tidak perlu khawatir timbul bau kurang sedap. Knit bisa menyerap keringat dengan cepat, mudah dibersihkan dan cepat kering.

Tekstur anyamannya bermacam-macam. Ada yang nampak cantik dengan bentuk selang-seling. Memilih sepatu berbahan knit untuk olahraga merupakan pilihan tepat. Selain kuat, produk berbahan knit harganya juga cukup terjangkau.

3. Suede

Jika mencari sepatu olahraga wanita yang ringan dan dapat melindungi kaki dengan sempurna, bahan suede bisa menjadi pilihan terbaik. Suede merupakan lapisan kulit bagian dalam yang lembut dan sedikit berbulu.

Karena terbuat dari lapisan kulit binatang, jenis sepatu berbahan suede perlu perawatan ekstra. Sebaiknya segera membersihkan setelah digunakan dan menjaganya tetap kering agar tidak berjamur. Jenis bahan ini ringan dan sangat kuat.

Selain Mencari yang Ringan Bobotnya, Inilah Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Memilih sepatu olahraga berbeda dengan untuk penggunaan lain. Karena akan digunakan bergerak bebas, selain mencari yang ringan, pastikan semua bagian aman. Produsen sudah memperhatikan hal ini dengan tidak menambahkan aksesoris dari logam atau sejenisnya.

Meski demikian, bukan berarti model sepatu olahraga kurang menarik. Sepatu olahraga wanita yang ringan menjadi pilihan semua orang karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan selama beraktivitas. Bagaimana cara memilih yang tepat?

1. Sesuaikan dengan Jenis Olahraga

Salah satu poin penting dalam memilih sepatu olahraga adalah menyesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan. Sepatu sepakbola berbeda dengan lari, balet, senam dan lainnya. Kesesuaian ini akan mendukung pergerakan selama berolahraga dan membuat pemakainya nyaman.

Desainer sudah menyesuaikan bahan dengan jenis olahraga yang dilakukan. Untuk balet dan senam, mempunyai alas dan upper lentur sehingga mudah untuk bergerak. Begitu juga untuk sepakbola, mempunyai sol yang dapat kuat ketika menginjak tanah.

2. Pastikan Model Tepat

Model sepatu berpengaruh pada kenyamanan. Bagi yang mempunyai bentuk kaki agak lebar jika memilih sepatu yang meruncing menyebabkan telapak terasa terjepit sehingga sirkulasi udara tidak lancar. Selain itu, ketika berolahraga tidak bebas bergerak. Model sepatu juga berkaitan dengan jenis dan lokasi olahraga yang akan dilakukan.

3. Mempunyai Sirkulasi Udara Baik

Beberapa desainer memperhatikan pentingnya sirkulasi udara pada bagian kaki selama berolahraga. Caranya dengan menyediakan sepatu yang mempunyai lubang kecil di bagian atas atau upper. Fungsi sirkulasi sebagai jalan keluar masuk udara sehingga bagian kaki tetap kering, tidak berkeringat, tidak licin dan tidak berbau.

4. Ukuran Pas

Di samping mencari sepatu olahraga wanita yang ringa setiap orang sebaiknya mempunyai sepatu olahraga untuk beraktivitas menyehatkan ini. Meminjam kepada orang lain, selain kurang higienis karena bisa memindahkan kuman, juga belum tentu ukurannya pas.

Dengan mengenakan sepatu berukuran pas, selain nyaman untuk bergerak, juga dapat membuat sirkulasi udara dan darah lancar. Ukuran yang terlalu kecil membuat kaki tertekan sehingga menghambat peredaran darah dan udara. Sedangkan jika terlalu besar, selain kurang nyaman juga akan mudah rusak.

5. Sol Kuat dan Tidak Licin

Bagian sol atau tapak kaki sangat penting karena bersentuhan langsung dengan tanah dan sebagai penyangga tubuh. Pastikan sol sepatu yang digunakan untuk berolahraga terbuat dari bahan karet yang kuat dan ringan. Dengan demikian tidak mudah lelah ketika menggunakannya untuk olahraga.

Sepatu olahraga wanita yang ringan bisa menjadikan semakin semangat beraktivitas untuk menjaga kesehatan. Selain bahan, pastikan lem atau jahitan pada sepatu kuat sehingga tetap nyaman digunakan bergerak bebas selama berolahraga.

Sumber:
Investor.id
Blibli.com
Ceklist.id

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *